pasukan irak di ramadiBaghdad, LiputanIslam.com –   Sumber-sumber keamanan Irak menyatakan bahwa pasukan Irak sejak dua bulan lalu sampai sekarang masih terus berusaha membebaskan Ramadi, ibu kota provinsi Anbar, Irak barat dari pendudukan kelompok teroris ISIS, dan sejauh ini sudah 70 persen wilayah kota ini terlepas dari cengkraman ISIS. Bersamaan dengan ini, sebanyak 70 anggota ISIS tewas di tangan pasukan Kurdistan Irak, Peshmerga, sementara sekelompok pasukan relawan Irak berhasil menghalau serangan besar-besaran ISIS di kawasan sekitar Samarra.

Sebagaimana dilansir IRNA, Ketua Dewan Permusyawaratan Provinsi Anbar Sabah al-Karhut dalam keterangan persnya menyatakan 70 persen wilayah Ramadi bebas dari tangan ISIS, dan selama operasi pembebasan itu pasukan Irak telah menimpakan banyak kerugian jiwa dan materi pada ISIS.

Menurutnya, operasi itu melibatkan tentara, polisi federal, badan kontra-terorisme, pasukan reaksi cepat, relawan dan pasukan adat setempat, dan pada minggu ini telah terjadi upaya kabur massal kawanan ISIS dari Ramadi melalui berbagai jalur, termasuk dari Sungai Furat.

Sementara itu, al-Quds al-Arabi dan media Kurdistan melaporkan bahwa tak kurang dari 70 anggota ISIS tewas di tangan pasukan Kurdistan, Peshmerga, di kawasan sekitar Mosul, ibu kota provinsi Nineveh, yang diduduki ISIS sejak tahun lalu.

Peshmerga menyatakan sekawanan teroris ISIS berusaha melancarkan serangan serempak ke beberapa pangkalan Peshmerga, termasuk dengan mengerahkan belasan bom mobil, namun berhasil dicegat oleh Peshmerga hingga  sebanyak 70 teroris bergelimpangan tanpa nyawa dan 11 unit bom mobil mereka hancur.

Peshmerga juga memastikan sebanyak 47 jalur yang menghubungkan Suriah dengan Irak berada dalam kontrol penuh pasukan Peshmerga.

Laporan lain dari al-Sumaria News menyatakan pasukan relawan Irak Brigade al-Salam yang berafiliasi dengan kelompok Moqtada Sadr berhasil mematahkan dan menghalau serangan masif ISIS ke kawasan sekitar kota Samarra, provinsi Salahuddin. Tanpa memberikan keterangan lebih rinci, sumber dari pemerintah provinsi ini menyatakan bahwa dalam peristiwa itu  Brigade al-Salam berhasil menimpakan banyak kerugian pada ISIS. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL