kepulan-asap-perang-mosulBaghdad, LiputanIslam.com –  Kepala Kepolisian Federal Irak Raid Shakir Joudat  mengatakan lima pentolan teroris ISIS tewas, satu di antaranya warga negara Cechnya, diterjang roket dekat bandara Mosul, Irak utara.

“Polisi Federal telah membunuh lima pemimpin ISIS, satu di antaranya warga negara Cechnya, dengan gempuran roket yang ditargetkan terhadap sebuah markas mereka di perbukitan desa Abu Saif dekat bandara Mosul,” ungkapnya, Minggu (27/11/2016).

Sebelumnya, para kombatan teroris ISIS mencoba melancarkan seragan besar di beberapa kawasan Mosul timur, namun berhasil dipatahkan oleh pasukan Irak. Dalam pertempuran ini, dan dalam serangan udara Irak ke Mosul barat sebanyak lebih dari 70 kombatan ISIS dilaporkan tewas.

Komandan pasukan kontra-terorisme Irak, Abdul Wahab al-Saidi, menjelaskan bahwa gerombolan teroris takfiri itu mencoba menyerang pasukan kontra-terorisme Irak di dua dua kawasan al-Qahirah dan al-Masharif di Mosul timur namun berhasil dipatahkan hingga sedikitnya 40 teroris meregang nyawa.

“Dua kawasan ini sekarang sudah sepenuhnya bersih,” ujarnya.

Secara terpisah, kantor intelijen militer Irak menyatakan serangan udara pasukan Irak ke beberapa posisi ISIS di barat Mosul menewaskan 32 anggota ISIS dan menghancurkan enam mobil mereka.

Pasukan Irak melancarkan operasi  Mosul sejak 17 Oktober lalu sampai sekarang sesuai instruksi Perdana Menteri Haider Abadi. Mereka bergerak menuju Mosul dari beberapa arah dan berhasil mengepung kota ini, dan sejak beberapa waktu lalu pasukan khusus Irak berhasil menerobos masuk ke bagian timur kota ini hingga berhasil membebaskan beberapa kawasan di sana dari pendudukan teroris ISIS.

Di barat Mosul, pasukan relawan terus berjuang dan bergerak ke arah kota Tel Afar yang juga diduduki ISIS di Irak utara. Sejauh ini relawan baru berhasil membebaskan bandara Tal Afar dan mengisolasi kota ini.

Media menyebutkan bahwa kini terbentuk formasi bulan sabit penuh yang mengepung Mosul dan Tel Afar dan memutus kontak darat ISIS di dua kota ini dengan rekan-rekan mereka yang berkuasa di Raqqah, Suriah. (mm/alsumarianews/shafaqnews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL