bendera irak di tikritTikrit, LiputanIslam.com – Pasukan Irak yang didukung relawan berhasil membebaskan rumah sakit dan komplek pemerintahan di pusat kota Tikrit serta mengibarkan bendera Irak di atasnya. Selain itu, mereka juga berhasil membebaskan tiga kawasan lain di ibu kota provinsi Salahuddin tersebut dari tangan komplotan teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dalam operasi yang menewaskan 36 anggota ISIS, sementara di provinsi Anbar pasukan Irak juga berhasil menghabisi 40 teroris ISIS.

“Pasukan keamanan serta relawan al-Hasyd al-Sakbi dan putera-putera adat telah menyerbu kawasan Hayakil, Dayyum dan komplek industri di kota Tikrit. Mereka juga membebaskan rumah sakit Tikrit dan sebuah komplek pemerintahan di pusat kota Tikrit di provinsi Salahuddin serta mengibarkan bendera di atasnya setelah terlibat pertempuran sengit dengan para anasir kelompok ISIS,” ungkap sumber keamanan, sebagaimana dilansir al-Sumaria News, Senin kemarin (30/3/2015).

Dia menambahkan bahwa sebanyak hampir 40 petempur ISIS bergelimpangan di jalanan dan lorong-lorong kota Tikrit, lima di antaranya diketahui sebagai sniper.

Sebelumnya, al-Hasyd al-Sakbi sempat “ngambek” dan enggan memulai lagi serangan terhadap ISIS di Tikrit, sebagai protes atas keterlibatan pasukan udara Amerika Serikat (AS) dalam serangan ke Tikrit. Mereka menyatakan pasukan AS justru menyerang relawan yang memerangi ISIS.

Namun belakangan al-Hasyd al-Sakbi kembali bergerak setelah ada keputusan “penjauhan jet tempur AS dari keterlibatan dalam serangan ke Tikrit”. Perkembangan ini mendapat sambutan gembira dari publik Irak, khususnya di provinsi Salahuddin.

Anggota parlemen Irak Jasim Mohammad Jakfar mengatakan telah terjadi pertemuan al-Hasyd al-Sakbi dengan Perdana Menteri Irak Haider Abadi hingga akhirnya diambil keputusan untuk mencegah keterlibatan pasukan udara AS.

Sementara itu, Jenderal Qasim al-Muhammadi, komandan operasi Anbar, serta berbagai sumber lainnya Senin kemarin mengabarkan sekitar 40 teroris ISIS di provinsi Anbar juga tewas diterjang operasi pasukan Irak. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*