mobil isis hancur di irak

Baghdad, LiputanIslam.com – Angkatan bersenjata Irak Selasa (26/7) menyatakan sebanyak 67 anggota teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) terbunuh di tangan pasukan Irak, dan tujuh tersangka teroris ditangkap di provinsi Anbar dan Salahuddin, Irak, sementara satu anak kecil berhasil dibebaskan dari tangan para penyandera. Demikian dilaporkan al-Sumaria News berdasarkan keterangan polisi federal Irak dan militer Irak.

Secara lebih rinci disebutkan bahwa di kawasan Hasibah Timur 36 teroris tewas, 21 orang di antaranya terbunuh dan lima mobil mereka luluh lantak saat mereka berusaha menyerang kawasan ini, sedangkan sisanya terbunuh dan beberapa mobil mereka juga hancur diterjang operasi pasukan keamanan Irak di kawasan yang sama.

Di kawasan al-Karmah, dua teroris tewas di tangan pasukan gabungan Irak, dan 29 lainnya terbunuh, sembilan tempat persembunyian dan beberapa kendaraan mereka hancur akibat serangan udara pasukan Irak yang dibantu pasukan koalisi internasional.

Operasi pembasmian ISIS di beberapa kawasan Irak yang diduduki ISIS masih terus berlangsung.

Kepala dewan logistik Fallujah, Abdul Rahman al-Namrawi, menyatakan banyak komandan ISIS kabur dari Fallujah menuju wilayah Turki ketika terjadi proses pengepungan kota ini oleh pasukan relawan al-Hasdh al-Shaabi dan pasukan keamanan Irak.

“Mereka kabur ke arah Suriah dari barat kota Ramadi, ibu kota Anbar. Dari situ mereka masuk ke wilayah Turki dan sekarang mereka berada di sana,” katanya. Belum keterangan sumber-sumber resmi yang membenarkan pernyataan ini.

Al-Namrawi memastikan bahwa pasukan ISIS yang terkepung di Fallujah tidak akan bisa kabur dari kota ini.
Menurutnya, pasukan Irak belum juga masuk ke Fallujah dan membebaskan kota ini karena zona operasi sangat luas dan meliputi banyak desa. Namun dia optimis dalam waktu dekat operasi final pembebasan kota ini akan segera dimulai.

Sementara itu, sumber kepolisian Irak menyatakan sebanyak 18 orang Irak terbunuh dan 44 lainnya luka-luka akibat serangan teror bom mobil di dekat sebuah super market di kawasan Baghdad al-Jadidah di bagian timur Baghdad, ibu kota Irak, Selasa malam.

Siang hari sebelumnya, serangan serupa juga terjadi dan mengakibat tiga orang tewas dan 12 lainnya luka-luka di kawasan Zakfaraniyah di dekat sebuah pom bensin dan di sekitar sebuah lapangan sepak bola lokal bagian timur Baghdad.

Disebutkan bahwa semua korban serangan-serangan itu bukan warga sipil. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL