Damaskus, LiputanIslam.com –  Sedikitnya 65 teroris dan pemberontak tewas digempur Pasukan Arab Suriah (SAA), Kamis (1/6/2017).

Situs Kemhan Suriah melaporkan lebih dari 50 teroris anggota ISIS terbunuh di kawasan sekitar kota Der Ezzor, Suriah timur, terkena serangan jet tempur milik negara ini terhadap beberapa posisi dan jalur pergerakan ISIS.

Disebutkan bahwa posisi-posisi ISIS yang digempur terletak di jalur lintas Sungai Furat dan daerah dekat rumah sakit jantung Deir Ezzor. Selain dengan serangan udara, mereka juga digempur dengan serangan artileri oleh angkatan darat Suriah. Dua unit perahu, satu mobil pembawa senapan otomotis dan dua mobil lain hancur terkena serangan ini.

Kota Deir Ezzor berada di sisi sungai Furat di provinsi yang menggunakan nama yang sama dan berbatasan dengan Irak. Kota kaya minyak ini dikepung ISIS sejak 2014 sehingga penduduknya terisolasi dan bantuan untuk mereka hanya bisa dilakukan dengan menjatuhkan paket-paket bantuan.

Laporan lain menyebutkan sedikitnya 15 pemberontak Suriah tewas dan 20 lainnya luka-luka terkena ledakan bom jalanan yang ditanam oleh SAA ketika dua mobil mereka melintas di sebuah lokasi di bagian selatan provinsi Daraa.

Sumber pro-pemberontak mengkonfirmasi penyergapan terjadi di suatu tempat di jalan yang menghubungkan Kafr Syams ke desa Aqraba di pedesaan utara Daraa.

Setelah penyergapan tersebut, Angkatan Darat Suriah menargetkan rudalnya ke sebuah konvoi  pemberontak yang muncul untuk menyelamatkan rekan mereka yang terluka.

Sementara itu, Divisi Lapis Baja ke-4 Suriah dipindahkan ke medan tempur Daraa untuk memimpin serangan besar terhadap kelompok pemberontak dan teroris di provinsi selatan.

Sebelumnya, sebuah sumber di Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan angkatan udara negara ini telah menggempur tiga konvoi kelompok teroris ISIS dan menembak 80 anggotanya ketika mereka sedang keluar dari Raqqa  menuju Palmyra. (mm/irna/amn)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL