peta suriahDamaskus, LiputanIslam.com – Lebih dari 60 teroris anggota kelompok takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) tewas dalam pertempuran di beberapa kawasan provinsi Deir al-Zor di bagian timur Suriah, Selasa (16/12). Demikian dilaporkan kantor berita resmi Suriah, Sana.
ISIS mencoba melancarkan serangan ke beberapa kawasan, namun dihadang dan digagalkan oleh pasukan Suriah hingga terjadi pertempuran yang menewaskan 60-an anggota ISIS. Laporan ini tidak menyebutkan korban yang jatuh di pihak pasukan Suriah.

Laporan lain dari lembaga Pemantau Hak Asasi Manusia Suriah menyebutkan bahwa pasukan Suriah telah melancarkan dua serangan udara terhadap kawanan ISIS di kawasan al-Mayaden di Deir al-Zor mengakibatkan beberapa komandan ISIS terbunuh.

Sementara itu, lembaga pemberitaan Fars News Agensy (FNA) melaporkan bahwa posisi ISIS mulai terdesak di sarang utama mereka di Suriah, yaitu provinsi Hasakah yang terletak di bagian timur laut negara ini. Mereka berhasil dikeluarkan dari banyak kawasan akibat operasi bersama tentara Suriah dan komite-komite rakyat Kurd di kawasan barat daya kota Ras al-Ain.

Dalam perkembangan terbaru disebutkan bahwa tentara Suriah dan milisi Kurdi negara ini telah menguasai dan memblokir jalan raya selatan kota Hasakah menuju Gunung Abdul Aziz yang menjadi pangkalan utama ISIS di bagian selatan provinsi Hasakah. Pemblokiran itu dilakukan dalam proses operasi pembebasan beberapa desa dan daerah permukiman untuk mengepung sepenuhnya posisi ISIS di gunung tersebut. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL