pemberontak suriah tewasDamaskus, LiputanIslam.com – 41 anggota kelompok teroris Front al-Nusra di Rif Idlib dan 15 kawanan bersenjata lainnya di Rif Damaskus tewas di tangan pasukan pemerintah Suriah. Bersamaan dengan ini, tentara Suriah berhasil merebut dua lapangan gas di RifHoms, dan sebanyak 158 militan menyerahkan diri kepada tentara Suriah di kota Aleppo.

Sebagaimana dilaporkan situs berita Juhaina News, seorang pejabat militer Suriah Rabu kemarin (5/11) mengatakan, “Satuan-satuan militer telah melancarkan sebuah operasi dan berhasil menghancurkan sejumlah tempat persembunyian dan gudang senjata dan amunisi teroris di desa al-Barah dan Baliwan di kawasan Gunung al-Zawiyah, Rif Idlib, serta menewaskan 17 teroris anggota al-Nusra.”

Laporan ini menambahkan bahwa dalam operasi lain tentara Suriah juga berhasil membasmi 24 teroris anggota kelompok yang sama di distrik Kanashfarah, Rif Idlib, serta menghancurkan empat mobil pembawa senjata otomatis.

Dalam peristiwa lain, menurut laporan beberapa media yang dikutip IRNA, tentara Suriah berhasil merebut dua lapangan gas Jihaz dan al-Mahr serta perusahaan gas Hayyan di Rif Homs dari tangan kawanan teroris Rabu kemarin.

Kawasan itu sebelumnya dikuasai oleh kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) sejak Oktober lalu, dan dua lapangan gas yang terletak di dekat lapangan gas al-Shair itu sangat penting dalam penyediaan bahan bakar gas ke kota Damaskus dan Homs untuk pembangkit listrik.

Namun demikian, hingga berita itu dilansir pertempuran antara kedua pihak masih berlanjut.

Di Aleppo, menurut laporan Alalam, sebanyak 158 kawanan bersenjata telah menyerahkan diri kepada pasukan pemerintah Suriah dan berjanji untuk tidak mengangkat senjata atau terlibat lagi dalam aksi-aksi pengacauan keamanan.

Sedangkan di Rif Damaskus, tentara Suriah melancarkan operasi militer di desa Qabr Fiddah yang mengakibatkan 15 kawanan bersenjata tewas dan beberapa lainnya cidera.

Sementara itu, pasukan Kurdi Suriah berhasil merebut delapan desa lagi di Rif Ra’s al-Ain di bagian timur laut Suriah dari tangan ISIS, sedangkan di kota Ain al-Arab atau Kobane pertempuran masih berlangsung sengit antara pasukan Kurdi dan kelompok teroris takfiri ISIS. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL