Afghanistan-pollsKabul, LiputanIslam.com – Sedikitnya 54 anggota militan Taliban dilaporkan terbunuh dan 16 lainnya cidera dalam kontak senjata selama pemungutan suara dalam pemilu presiden yang berlangsung di Afghanistan, Sabtu (5/4).

Kementerian Dalam Negeri Afghanistan dalam statemennya menyatakan bahwa puluhan ekstrimis itu terbunuh dalam kontak senjata di berbagai lokasi yang berbeda, yaitu distrik Ajristan, Waghiz, Gilan, Deh Yak, Qarabagh, Andar and Moqor.

Statemen itu juga menyebutkan bahwa kontak senjata antara pasukan keamanan Afhanistan dan milisi Taliban bermula setelah pukul 08.00 waktu setempat, yaitu ketika milisi Taliban memulai aksinya untuk mengacaukan pemilu.

Menurut statemen yang sama, dalam kontak senjata itu tidak ada korban dari pihak sipil maupun pasukan keamanan. Polisi Afghanistan juga berhasil menyita berbagai jenis senjata milik Taliban.

Dalam pernyataan terpisah, Kementerian Dalam Negeri Afghanistan juga melaporkan bahwa puluhan nyawa militan Taliban juga melayang dalam operasi aparat keamanan Afghanistan di kawasan timur propinsi Badghis. Operasi ini dilancarkan di distrik Jund, Qadis, Moqor and Bala Morghab selama 24 jam yang lalu.

Di tengah ancaman aksi teror, pemilu presiden Afghanistan berlangsung sukses. Warga yang berhak pilih di berbagai penjuru negara ini berdatangan ke tempat-tempat pengungutan suara meskipun cuaca sedang buruk. Partisipasi mereka menjadi respon penolakan  terhadap seruan dan ancaman kaum ekstrimis.

Komisi Independen Pemilihan Umum Afghanistan (IEC) menyatakan lebih dari 7 juta atau lebih dari 50% warga yang berhak pilih telah berpartisipasi dalam pemilu. Jumlah ini lebih banyak dibanding jumlah peserta pemilu sebelumnya ketika pasukan sekutu pimpinan AS menyatakan bertanggungjawab atas keamanan pemilu.

Belum ada angka resmi tentang hasil pemilu sementara dari Komisi Independen Pemilihan Umum Afghanistan (IEC). Beberapa media Afghanistan Minggu (6/4) menyebutkan adanya kemungkinan pemilu putaran kedua. Lembaga pemberitaan Afghanistan Pajhwok, misalnya, melaporkan bahwa dari hampir 134.000  total suara yang sudah terhitung, calon presiden Ashraf Ghani Ahmadzai mengantongi 42.10 persen suara, diikuti oleh Abdullah Abdullah sebanyak 40.72 persen dan Zalmai Rassoul sebanyak 7.66 persen suara. (mm/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL