persiapan pasukan irakBaghdad, LiputanIslam.com –  Pasukan Irak mengumumkan bahwa sejak operasi pembebasan Mosul, ibu kota provinsi Nineveh, Irak utara, dimulai pada 17 Oktober lalu sampai sekarang tak kurang dari 50 persen wilayah provinsi ini berhasil dibebaskan dari pendudukan kelompok teroris takfiri ISIS. Dilaporkan pula pasukan relawan berhasil membebaskan 400 keluarga yang ditawan ISIS di barat kota Tal Afar.

“Sejak dimulainya operasi militer di Mosul pasukan kami berhasil menguasai separuh wilayah provinsi Niniveh,” ungkap juru bicara komando operasi gabungan Irak Brigjen Yahya Rasool, Sabtu (26/11/2016).

Dia menambahkan, “Sebagian besar kawasan ini sudah jatuh ke tangan pasukan kontra-terorisme dan pasukan Brigade 1 san 2 angkatan bersenjata Irak…. Kami juga masih merencanakan pembebasan bagian barat Mosul.”

Secara terpisah, Karim Zayyab,perwira terkemuka kepolisian federal Irak mengatakan bahwa jumlah bagian timur dan barat Mosul yang sudah bebas seimbang satu sama lain, tapi bagian yang sudah dibebaskan di wilayah barat lebih padat penduduk.

Nineveh adalah provinsi seluas 32,000 km persegi, dan merupakan provinsi terluas kedua setelah provinsi Baghdad. Penduduknya terdiri atas suku-suku Arab, Kurdi, dan Turkmen, dan di provinsi ini para penganut berbagai agama dan sekte minoritas tinggal.

Sementara itu, pasukan relawan al-Hashd al-Shaabi berhasil membebaskan kawasan Tal Samir al-Kabir di provinsi tersebut serta berhasil pula membebaskan 400 keluarga yang ditawan ISIS di barat kota Tal Afar.

Mosul dan Tal Afar adalah dua kota terakhir yang masih menjadi tempat berlindung kawanan teroris ISIS.  Dua kota ini sudah terkepung total dan pasukan Irak terus bergerak menekan ISIS, dan akses dua kota ini satu sama lain sudah diblokir ini. (mm/anadolu/alsumarianews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL