AQAP-YamanMukalla, LiputanIslam.com – Sedikitnya 50 anggota al-Qaeda tewas diterjang serangan udara Amerika Serikat (AS) terhadap kamp pelatihan kelompok teroris tersebut di kawasan pegunungan di selatan Yaman. Demikian dinyatakan sumber-sumber medis dan pejabat lokal Yaman, Rabu (23/3), sebagaimana dilansir Reuters.

Serangan itu terjadi ketika para anggota kelompok al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP) sedang antri untuk mendapatkan sajian makan malam di kamp yang terletak di sebelah barat kota pelabuhan Mukalla di kawasan pantai selatan Yaman.

Sehari sebelumnya, tanpa memberikan penjelasan lebih lanjut, Pentagon menyatakan bahwa serangan udara AS terhadap kamp pelatihan AQAP itu menewaskan puluhan teroris.

Sumber-sumber Yaman sendiri menyebutkan sedikitnya 50 orang tewas dan 30 lainnya luka-luka. Penduduk setempat menyatakan terjadi kebakaran hebat dalam kamp itu akibat serangan tersebut.
“Pesawat-pesawat itu menyerang orang-orang al-Qaeda yang sedang berbaris antri untuk mendapatkan makan malam,” ujar pejabat lokal yang meminta namanya tidak disebutkan kepada Reuters melalui telefon.

Menurut Reuters, serangan pasukan koalisi Arab pimpinan Arab Saudi terhadap Yaman dimanfaatkan oleh al-Qaeda untuk memperluas wilayah kekuasaannya di Yaman, dan dalam rangka ini mereka berhasil menduduki Mukalla, ibu kota provinsi Hadhramaut sejak tahun lalu, dan di situ mereka melakukan rekrutmen untuk menambah anggotanya. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL