tank saudi hangus di yamanRiyadh, LiputanIslam.com –  Sedikitnya lima pasukan perbatasan Arab Saudi tewas dalam pertempuran dengan pasukan pendukung gerakan Ansarullah (Houthi) Yaman, dan satu unit helikopter Saudi ter jatuh di Yaman.

Kantor berita Saudi, SPA, mengutip statemen Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Saudi, Senin (25/7/2016), bahwa lima tentara negara ini terbunuh dalam pertempuran yang berlangsung sekitar delapan jam di beberapa front di perbatasan provinsi Najran.

Disebutkan bahwa pasukan penjaga perbatasan Saudi telah bertempur dengan “elemen kelompok-kelompok bersenjata musuh yang berusaha menyusup ke beberapa tempat. “

Kantor berita Iran, IRNA, melaporkan bahwa beberapa jam sebelumnya pasukan Ansarullah menembakkan satu rudal balastik ke sebuah pangkalan militer pasukan koalisi Arab pimpinan Arab Saudi di kota Jizan, Saudi selatan.

Bersamaan dengan ini, media Yaman al-Masirah, mengutip pernyataan sumber militer Yaman bahwa satu unit helikopter milik pasukan koalisi tersebut terjatuh di kawasan antara provinsi Marib dan Jawf di bagian tengah Yaman. Tidak ada keterangan mengenai sebab jatuhnya helikopter itu.

Sabtu pekan lalu dua perwira Saudi juga dilaporkan tewas terkena gempuran pasukan militer dan komite rakyat Yaman.

Saudi sudah 15 bulan melancarkan serangan udara ke Yaman hingga menjatuhkan korban tewas sebanyak 10,000 orang yang sebagian besar di antaranya adalah warga sipil Yaman, termasuk perempuan dan anak kecil. Serangan itu dibalas oleh pasukan Yaman hingga menewaskan puluhan tentara Saudi.

Kelompok Houthi sudah mengikuti perundingan damai dengan kubu presiden Yaman tersingkir Abd Rabbuh Mansour Hadi di Kuwait selama lebih dari tiga bulan terakhir ini ini. Namun, perundingan yang dimediasi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu berulang kali membentur jalan buntu karena kedua pihak saling tuding memanfaatkan perundingan untuk mendapatkan keuntungan di lapangan.

Gencatan senjata telah diberlakukan sejak 10 April lalu dengan tujuan memuluskan perundingan, tapi serangan udara dan pertempuran antara kedua belah pihak tetap terjadi hampir setiap hari. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL