Baghdad, LiputanIslam.com –  Operasi militer Irak untuk pembebasan kota Tal Afar di bagian utara negara ini telah memasuki hari kelima pada Kamis (24/8/2017) dan dilaporkan bahwa selama lima hari tersebut sekira 300 teroris ISIS tewas.

Tentara Irak mengepung Tal Afar dari tiga sisi timur, barat dan selatan, dan telah memesuki beberapa distrik dalam kota dan bahkan membersihkan beberapa di antaranya dari keberadaan teroris.

Kamis kemarin pasukan relawan Irak al-Hashd al-Shaabi dan pasukan keamanan negara ini berhasil membebaskan tiga distrik al-Khadra, al-Nur dan al-Basatin dari pendudukan ISIS.  Setelah menguasai distrik al-Nur mereka lantas memasuki distrik al-Wahdah dalam serangan yang menewaskan 11 anggota ISIS dan menghancurkan bom mobil yang dikemudi dan hendak diledakkan oleh pelaku serangan bom bunuh diri ISIS.

TV al-Mayadeen yang melaporkan jalannya operasi militer ini saat demi saat menyebutkan bahwa pasukan Irak telah mencapai kawasan Qal’ah yang terletak di pusat kota Tal Afar, dan pertempuran di kawasan berlangsung lebih sengit.

Organisasi Badar, salah satu komponen al-Hashd al-Shaabi, berhasil mengibarkan bendera di gedung administrasi pendidikan Tal Afar.

Pasukan gabungan Irak di provinsi Nineveh mengumumkan bahwa sejak awal operasi pembebasan sampai Kamis kemarin sebanyak 302 teroris ISIS tewas. Pasukan ini juga menyebutkan dan merinci 31 distrik dan desa yang telah berhasil dibebaskan.

Pasukan Irak memulai operasi pembebasan Tal Afar bersandi “Qadimun, Ya Tal Afar” (Kami Datang, Wahai Tal Afar) dengan istruksi Perdana Menteri Irak Haider Abadi pada 20 Agustus lalu.

Pasukan Irak itu terdiri atas Angkatan Bersenjata, Pasukan Reaksi Cepat, Polisi Federal, dan pasukan relawan al-Hashd al-Shaabi.  (mm/fna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL