warga-sipil-keluar-dari-aleppo-suriahAleppo, LiputanIslam.com –  Sebanyak 48 orang telah keluar dari bagian timur kota Aleppo, Suriah, yang dikuasai teroris dan pemberontak menuju bagian barat kota ini yang dikuasai oleh pasukan pemerintah Suriah, Pasukan Arab Suriah (SAA), Senin (24/10/2016).

Mereka keluar di tengah pertempuran SAA melawan pasukan teroris dan pemberontak yang berkecamuk lagi setelah jeda kemanusiaan tiga hari berakhir Sabtu sore lalu tanpa ada evakuasi korban luka dari Aleppo timur yang terkepung total oleh SAA dan sekutunya.

Disebutkan bahwa 48 orang itu keluar dari Aleppo timur Senin sore kemarin, dan mereka adalah warga sipil yang beberapa di antaranya perempuan dan anak kecil. Mereka berhasil mencapai lokasi keberadaan SAA di Aleppo barat. Di sana mereka segera mendapat bantuan dari pihak-pihak terkait, dan dievakuasi ke tempat penampungan sementara.

Kantor berita resmi Suriah, SANA, menyebut kawanan pemberontak dan teroris selama ini sengaja menghalangi warga Aleppo timur keluar dari kawasan ini agar dapat menjadikan mereka sebagai perisai hidup.

AFP melaporkan sebanyak tiga bus telah mengangkut warga sipil ke kawasan Bustan al-Qasr di Aleppo barat, dan di kawasan ini tidak ada petugas PBB, melainkan hanya ada pasukan keamanan pemerintah Suriah dalam jumlah besar.

Pasukan Suriah yang didukung pasukan Rusia memulai serangan ke Aleppo timur pada 22 September lalu untuk merebut kawasan ini dari tangan militan teroris dan pemberontak.

Ketika militan yang didukung Barat dan beberapa negara Arab regional itu terdesak hebat dan terkepung total, Amerika Serikat bersama negara-negara Barat lain serta sejumlah negara Arab itu gencar menuding pasukan Suriah dan Rusia melakukan kejahatan perang.

Negara-negara itu turut panik karena sejak awal Suriah dilanda pemberontakan dan terorisme pada tahun 2011 mereka mengandalkan dan mempersenjatai kaum militan itu untuk menggulingkan musuh bersama mereka, Presiden Suriah Bashar al-Assad yang bersekutu dengan Iran dan milisi Hizbullah Lebanon.

PBB menyebutkan bahwa serangan Suriah-Rusia di Aleppo telah menjatuhkan sekira 500 orang dan melukai 1000 lainnya. (mm/sana/sputnik/afp)

DISKUSI:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL