Beirut, LiputanIslam.com –  Sebanyak 4777 orang, Rabu (2/8/2017), menjalani proses relokasi mereka dari kawasan Arsal, Lebanon timur, ke kota Idlib, Suriah. Sebanyak 116 unit bus yang dibarengi 17 ambulan telah dikerahkan untuk mengeluarkan mereka dari Lebanon.

Relokasi ini dilakukan berdasarkan kesepakatan yang dicapai Kamis pekan lalu antara Hizbullah Lebanon dan kelompok teroris Jabhat al-Nusra setelah keduanya bertempur selama enam hari hingga pihak pertama dapat mengalahkan pihak kedua di kawasan Arsal.

Sesuai kesepakatan ini, pasukan Jabhat al-Nusra bersama keluarga dan sejumlah pengungsi di beberapa kamp Arsal menyatakan siap kembali ke Suriah dengan pengamanan penuh. Selain itu, mereka juga membabaskan delapan tawanan Hizbyllah.

Rabu malam tiga tawanan Hizbullah terbebas dari tangan Jabhat al-Nusra, sementara lima lainnya akan dibebaskan setelah semua anggota Jabhat al-Nusra keluar dari Lebanon.

Operasi militer Hizbullah yang didukung tentara dan rakyat Lebanon berhasil membebaskan sekira 100 kilometer persegi kawasan Lebanon dari pendudukan kawanan teroris Jabhat al-Nusra sehingga menjadi satu langkah besar dalam penumpasan terorisme.

Sejauh ini masih ada kawasan di bagian timur Lebanon yang diduduki kelompok teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Kerena itu diperkirakan dalam waktu dekat masih akan ada operasi militer lagi untuk pembebasan kawasan tersebut. (mm/irna/alam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL