isis-di-raqqahAleppo, LiputanIslam.com –   Sumber militer oposisi Suriah, Rabu (21/12/2016), menyatakan bahwa kawanan pemberontak Pasukan Kebebasan Suriah (FSA) yang didukung oleh tentara Turki telah menguasai sebuah gunung strategis di sekitar kota al-Bab di bagian timur provinsi Aleppo.

Komandan militer “Divisi Sultan Murad” kepada DPA mengatakan, “Pasukan pemberontak pagi ini berhasil menguasai Gunung Aqil yang strategis serta rumah sakit al-Hikmah di barat kota al-Bab setelah terlibat pertempuran sengit melawan kawanan bersenjata Negara Islam (ISIS), dan dengan terkuasainya gunung ini maka kota al-Bab sudah jatuh secara militer.”

Komandan yang meminta identitasnya dirahasiakan itu menambahkan, “Para pemberontak juga menguasai jalur Aleppo – al-Bab di barat kota Manbij setelah dibantu secara optimal oleh pasukan artileri Turki.”

Observatorium Suriah untuk HAM menyebutkan bahwa gempuran sengit Turki telah menjatuhkan banyak korban tewas dan luka.

Militer Turki sendiri menyatakan sedikitnya 45 kombatan ISIS tewas dan 47 sasaran milik ISIS hancur diterjang serangan udara dan darat Turki terhadap kota al-Bab dalam operasi bersandi “Perisai Furat.”

Dijelaskan bahwa pertempuran sengit terus berlangsung di al-Bab, dan pasukan artileri Turki terus menggempur ISIS menyusul serangan udara Turki.

Dalam data awal militer Turki tercatat sedikitnya 45 anggota ISIS tewas, dan delapan mobil bak terbuka yang dilengkapi senjata berat serta 47 sasaran lain berupa tempat persembunyian dan posisi persenjataan ISIS hancur.

Beberapa saat sebelumnya, militer Turki menyatakan empat anggotanya tewas dan 15 lainnya cidera dalam operasi Perisau Furat akibat kontak senjata dengan ISIS di sekitar al-Bab. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL