isis-mati-di-mosulMosul, LiputanIslam.com –   Pasukan Irak terus melancarkan tekanan hebat terhadap kelompok teroris ISIS di kota Mosul, Irak utara. Dalam perkembangan terbaru dilaporkan bahwa sebanyak 449 anggota ISIS tewas dan dua distrik lagi bebas sehingga kawasan yang lepas dari cengkraman kawanan teroris di kota kedua terbesar di Irak ini menjadi 50 distrik.

“Pasukan Brigade 16 Divisi 71 di poros utara bergerak menuju kawasan timur Mosul dan berhasil membebaskan distrik al-Mazari’ dan komplek permukiman Hadba yang terdiri atas 168 rumah serta mengibarkan bendera Irak di sana. Pasukan Irak kini akan membebaskan distrik Qirawan, Hadba, Nisyan 7, dan al-Shadiq,” ungkap Brigjen Abdul Amir Abdullah, komandan operasi pembebasan mosul dalam konferensi pers, Jumat (6/1/2017).

Dia menjelaskan bahwa pasukan Irak telah menghancurkan enam bom mobil, dua mobil lain, dan beberapa perlengkapan militer berat dan ringan milik ISIS.

Mengenai ratusan anggota ISIS yang tewas, perwira tinggi Irak ini memberikan penjelasan lebih rinci.

Menurutnya, 55 di antaranya tewas digempur dalam serangan pasukan darat Irak yang didukung oleh pasukan udara Irak dan koalisi, tanpa menyebutkan lokasi; 75 tewas digempur oleh Pasukan Kontra-Terorisme Irak di poros timur pinggiran Sungai Tigris; dan 70 tewas dihajar pasukan Irak di poros selatan yang bergerak menuju kawasan industri.

Jumlah teroris ISIS yang tewas terbanyak adalah di poros selatan sisi barat Sungai Tigris. Di situ pasukan kepolisian federal Irak bersama Batalyon 9 Angkatan Bersenjata berhasil mendatangi pintu masuk Rumah Sakit al-Salam dan mengusai beberapa rumah sekitarnya serta menghabisi 249 anggota ISIS.

Dua wilayah lagi yang berhasil dibebaskan ialah distrik al-Mazari’ dan al-Muthanna, dan dengan demikian jumlah wilayah yang berhasil dibebaskan sejak dimulainya operasi militer tahap kedua untuk pembebasan Mosul pada 29 Desember 2016 mencapai 10 distrik.

Sedangkan pada tahap pertama yang berakhir 15 Desember 2016, wilayah yang berhasil dibebaskan berjumlah 40 dari total 56 distrik di Mosul timur.

Operasi militer besar-besar untuk pembebasan Mosul dimulai pada 17 November lalu dengan instruksi Perdana Menteri Haider Abadi selaku penglima tertinggi angkatan bersenjata Irak. (mm/alyoum7)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL