Syrian Forces Impose Heavy Losses on ISIS Militants in Homs, Deir Ezzor

Damaskus, LiputanIslam.com –  Sedikitnya 42 teroris anggota ISIS tewas diterjang operasi militer Suriah di provinsi Suwaida dan Deir ez-Zor. Demikian dinyatakan Kemenhan Suriah, Kamis (12/1/2017).

Dijelaskan bahwa satuan-satuan pasukan artileri Suriah telah menggempur beberapa posisi dan jalur logistik ISIS di desa Wadi al-Qasr di Suwaida, mengakibatkan sedikitnya 30 teroris tewas, dan satu gudang berisi 70 roket dan mortir milik kelompok teroris itu hancur.

Di provinsi Deir ez-Zor, pasukan penjaga pangkalan udara militer di wilayah ini menggempur beberapa posisi ISIS di sebelah timur pangkalan, menyebabkan sembilan anggota ISIS tewas dan beberapa senjata dan perlengkapan perang mereka, termasuk satu unit drone, hancur.

Di wilayah yang sama, tiga anggota ISIS juga menemui ajal terkena serangan mortir tentara Suriah ke distrik al-Rasafah.

Provinsi Deir ez-Zor terletak di bagian timur Suriah, berbatasan dengan Irak, dan terbelah oleh bentangan Sungai Furat.

Ibu kota provinsi ini yang menggunakan nama yang sama merupakan daerah yang kaya minyak , namun dikepung ISIS sejak 2014 sehingga bantuan untuk penduduk kota ini hanya bisa dilakukan melalui udara.

Sementara itu, Utusan Khusus PBB untuk Suriah Staffan de Mistura, Kamis, menyatakan dukungannya kepada perundingan damai pemerintah dan oposisi Suriah yang akan digelar di Astana, Kazakhstan, pada 23 Januari mendatang.

Dia juga menyebutkan bahwa gencatan senjata antara tentara dan militan oposisi negara ini dapat berjalan cukup baik.

Sedangkan mengenai pertempuran di kawasan Wadi Bardi di bagian barat provinsi Damaskus dia mengatakan sudah ada lima desa yang bergabung dengan gencatan senjata, dan tinggal dua desa yang masih menolak bergabung. (mm/irna/alahed)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL