iraq; peshmerga;ISISMosul, LiputanIslam.com –   Komandan operasi pembebasan provinsi Nineveh, Irak Utara, Letjen Abdul Amir Yarallah, menyatakan pasukan Irak berhasil membebaskan beberapa kawasan lagi di Mosul, ibu kota Nineveh, dan sedikitnya 277 teroris ISIS tewas, Sabtu (7/1/2017).

Dia menjelaskan bahwa ratusan anggota ISIS meregang nyawa di beberapa medan pertempuran yang terpencar di kota Mosul, yaitu;

  • 26 teroris dan beberapa bom mobil mereka hancur di kawasan utara.
  • 85 teroris di kawasan timur di mana pasukan Irak berhasil membebaskan kawasan al-Rifaq, al-Atibba dan persimpangan yang mengarah ke Jembatan 4.
  • 146 teroris di kawasan tenggara di mana pasukan kepolisian federal Irak berhasil membebaskan Rumah Sakit al-Salam, Fakultas Kedokteran, Rumah Sakit al-Shifa dan sejumlah bangunan di dua kawasan Falestin dan Dumiz.
  • 20 teroris di kawasan barat daya di mana pasukan Irak berhasil menghadapi serangan ISIS terhadap desa Bakhirah dan menghancurkan beberapa bom mobil.

Di daerah lain di sebelah barat Mosil, pasukan relawan al-Hashd al-Shaabi membebaskan tiga desa yang terletak di barat daya distrik Tel Abtah.

Yarallah menambahkan bahwa serangan udara pasukan Irak dan pasukan koalisi internasional juga telah menghancurkan beberapa mobil dan tempat persembunyian teroris ISIS di sekitar Mosul dan bagian utara dan timur kota kedua terbesar di Irak ini.

Dia juga menyatakan ISIS telah meledakkan Jembatan 4 di Mosul pada Sabtu sore setelah pasukan Irak bergerak mendekati jembatan ini.

Irak dan Turki Sepakat

Delegasi Irak dan Turki di hari yang sama mencapai kesepakatan dalam rangka mewujudkan keamanan dan stabilitas serta perang melawan teroris dengan tetap menjaga kedaulatan dan integritas setiap negara.

Delegasi Irak dipimpin langsung oleh Perdana Menteri Haider Abadi, sedangkan delegasi Turki dipimpin oleh Perdana Menteri Binali Yelderim yang tiba di Baghdad, ibu kota Irak, Sabtu kemarin bersama rombongan delegasi yang terdiri atas 60 orang. (mm/irna/alalam/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL