Syrian Forces Impose Heavy Losses on ISIS Militants in Homs, Deir Ezzor

Syrian Forces Impose Heavy Losses on ISIS Militants in Homs, Deir Ezzor

Damaskus, LiputanIslam.com –  Tak kurang dari 26 teroris anggota ISIS tewas di tangan pasukan Suriah di provinsi Deir ez-Zor, Suriah timur, dan satu petinggi Jabhat al-Nusra dan dua rekannya tewas terkena serangan drone milik Amerika Serikat di Idlib, Jumat (18/11/2016)

Sumber militer Suriah menyatakan bahwa puluhan teroris takfiri ISIS itu tewas ketika berusaha menyusup ke bagian timur pangkalan udara Deir ez-Zor yang dikuasai oleh pasukan pemerintah Suriah.  Aksi mereka diketahui oleh pasukan Suriah sehingga mereka disikat habis.

Pangkalan strategis ini sudah berulang kali diserang ISIS yang masih berusaha merebutnya lagi. Beberapa waktu lalu jet tempur AS menyerang pasukan Suriah di provinsi yang berbatasan dengan Irak tersebut sehingga ISIS berhasil menguasai pangkalan-pangkalan tentara Suriah di Gunung al-Tharda.

Kota Deir ez-Zor yang kaya minyak dikepung ISIS sejak 2014 sehingga bantuan untuk penduduknya hanya bisa disalurkan melalui udara dengan dilempar dari pesawat terbang.

Sumber lain menyatakan bahwa tentara Suriah yang didukung Brigade al-Quds Palestina dan bergerak dari arah timur laut Aleppo berhasil menguasai beberapa lokasi baru di bagian timur kota.

Disebutkan bahwa tentara Suriah bergerak maju dan merebut beberapa area pertanian dan satu apartemen di sekitar kawasan al-Inzarat dan selatan kawasan Uwaijah.

Jumat kemarin tentara Suriah memulai operasi dari arah timur laut Aleppo menuju kawasan-kawasan Aleppo timur yang dikuasai kelompok-kelompok bersenjata dan dikepung secara total oleh pasukan Suriah dan sekutunya.

Di hari yang sama, petinggi “bidang syariat” kelompok teroris Jabhat Fateh al-Sham alias Jabhat al-Nusra yang merupakan cabang al-Qaeda di Suriah tewas terkena serangan drone milik Amerika Serikat di provinsi Idlib. Petinggi teroris yang memiliki julukan Abu Afghan al-Misri itu tewas bersama dua orang lain yang menyertainya dalam sebuah mobil yang hangus terbakar akibat serangan drone tersebut.

Bersamaan dengan ini pula, pertempuran antara Pasukan Demokrasi Suriah (SDF) dan ISIS belakangan ini berpusat di sebuah dataran tinggi strategis yang berjarak sekitar 25 km dari kota Raqqah, dua minggu setelah SDF menabuh genderang perang untuk menumpas ISIS di kota yang menjadi markas besar ISIS di Suriah ini.

“Pertempuran masih berlanjut sampai sekarang di desa Tal al-Saman, dan pasukan kami menggunakan senjata-senjata berat dalam pertempuran ini karena ISIS tampak melakukan perlawanan sengit,” ungkap Farhad Kurdistan, salah seorang komandan SDF.

Dia menambahkan, “Sejak kemarin malam ISIS mengirim tiga bom mobil, tapi pasukan kami berhasil meledakkan ketiganya, dan masih ada dua bom mobil lain dalam desa ini.” (mm/sana/irna/dpa/afp)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL