AQAP-YamanSanaa, LiputanIslam.com – Bersamaan dengan tertangkapnya sekitar 200 anggota jaringan teroris al-Qaeda di beberapa provinsi Yaman, seorang pejabat keamanan negara ini Senin (27/10) menyatakan bahwa kepala geng teroris yang bertanggungjawab dalam operasi peledakan di al-Tahrir Square, Sanaa, juga berhasil diringkus.

Dalam wawancara dengan koran al-Seyassah terbitan Kuwait, pejabat yang meminta tidak disebutkan namanya itu mengatakan bahwa beberapa hari lalu pihaknya berhasil meringkus kepala geng teroris yang menjadi otak aksi peledakan bom bunuh diri di al-Tahrir Square, Sanaa, yang menewaskan 53 orang pada 9 Oktober lalu.

Dia menjelaskan bahwa gembong al-Qaeda itu tertangkap oleh satuan pasukan keamanan khusus penumpasan terorisme dalam sebuah operasi penggerebekan terhadap sebuah rumah di kawasan Saawan, Sanaa. Sayangnya, dalam peristiwa itu sebanyak 10 orang lainnya berhasil kabur dari ibu kota Yaman tersebut.

Kawanan teroris itu telah beberapa kali melancarkan serangan teror terhadap tempat-tempat berkumpulnya milisi dan simpatisan gerakan Ansarullah atau kelompok al-Houthi serta aparat keamanan dan tentara Yaman.

Sementara itu, sebuah sumber yang dekat dengan Ansarullah menyatakan bahwa komite-komite rakyat sejak 21 September lalu sampai sekarang berhasil mencokok sebanyak hampir 200 teroris takfiri anggota al-Qaeda yang sebagian di antaranya adalah warga beberapa negara asing, termasuk Ethiopia dan Somalia.

Ratusan anggota al-Qaeda tertangkap dalam beberapa operasi yang dilancarkan komite-komite tersebut di provinsi Sanaa, Dhamar, Maarib, Bayda, al-Hadidah dan Ibb. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL