isis anbarBaghdad, LiputanIslam.com – Badan Kontra-Terorisme Irak Minggu (2/8) mengumumkan sebanyak lebih dari 200 anggota kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) terbunuh dalam serangkaian operasi pembebasan Universitas Anbar di bagian barat negara ini.

Sebagaimana dilansir situs berita Irak Almasalah, badan tersebut menyatakan bahwa operasi pembebasan Universitas Anbar dari cengkraman ISIS merupakan salah satu pertempuran yang paling krusial dan sengit antara pasukan Irak dan ISIS.

“Para teroris ISIS kalah telak dalam operasi ini, dan kecil sekali kemungkinan mereka akan dapat menyusup lagi ke bangunan universitas ini karena pasukan keamanan Irak sudah memblokir jalur-jalurnya dari tiga arah,” ungkap Samir al-Shuwaili, penasehat bidang media Badan Kontra-Terorisme Irak.

Dia menambahkan, “Lebih dari 200 teroris, beberapa di antaranya warga negara asing dan 13 pembawa misi serangan bom bunuh diri, terbunuh dalam operasi ini, dan 17 unit bom mobil mereka hancur.”

Secara terpisah, seorang pejabat yang memantau operasi Anbar menyatakan satu petinggi ISIS terbunuh bersama dua orang asistennya di pusat kota Ramadi, provinsi Anbar.

“Beberapa jet tempur Irak telah membombardir tempat-tempat persembunyian para penjahat ISIS di kota Ramadi, hingga Khaled Abd Shalal al-Shujairi dan dua asistennya tewas akibat gempuran ini,” kata pejabat yang disebutkan namanya itu.

Dia menjelaskan bahwa tempat-tempat itu digempur setelah pasukan keamanan Irak mendapatkan informasi akurat dari para agen intelijen Irak di kota Ramadi.

Dalam beberapa hari ini pasukan Irak berhasil membebaskan beberapa kawasan kota Ramadi dari tangan ISIS, termasuk Universitas Anbar, al-Tamim, Albu Dzayyab dan al-Shufiyah. Dilaporkan pula bahwa pasukan Irak terus bergerak maju secara signifikan di banyak kawasan lain.

Operasi masif untuk pembebasan provinsi Anbar dari pendudukan ISIS dimulai sejak beberapa pekan lalu oleh angkatan bersenjata Irak yang dibantu oleh relawan al-Hashd al-Shaabi dan kelompok-kelompok pasukan adat setempat di berbagai penjuru Anbar. Beberapa kota dan daerah Anbar sudah berhasil dibebaskan. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL