pertempuran deir al-zor suriahBeirut, LiputanIslam.com – Lembaga Pemantau HAM Suriah menyatakan sedikitnya 20 anggota kelompok teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) tewas dalam upaya terbarunya menyerang bandara militer Deir al-Zor di bagian timur Suriah. Bersamaan dengan ini, tiga anggota ISIS tewas dalam kontak senjata di kota Kobane, dan militer Israel mengaku tidak tahu menahu soal tertembak jatuhnya satu pesawat nirawak Israel di kawasan Quneitra, Suriah.

“Sedikitnya 20 anggota ISIS, satu di antaranya berkewarga negaraan Maroko, menemui ajalnya di sekitar bandara militer Deir al-Zor hari ini,” ungkap lembaga itu, Minggu (21/12), sebagaimana dilaporkan Rai –Youm.

Lembaga ini menjelaskan bahwa lima di antara mereka tewas ketika menyerang dan berusaha menguasai sebuah bangunan putih di tenggara bandara di dekat batalion rudal, sedangkan 11 lainnya tewas ketika mereka menguasai bangunan itu, dan empat lainnya tewas ketika mereka terusir lagi dari bangunan itu.

Ketua lembaga Pemantau HAM Suriah Sami Rami Abdul Rahman mengatakan bahwa dalam peristiwa itu ISIS sempat merebut beberapa roket anti tank.

Bandara Deir al-Zor merupakan satu-satunya jalur suplai pasukan Suriah yang tersisa di kawasan timur Suriah. Bandara ini juga digunakan sebagai pangkalan pesawat dan helikopter Suriah untuk melancarkan serangan terhadap kelompok-kelompok teroris dan pemberontak di berbagai wilayah.

Sementara itu, Pasukan Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) menyatakan pihaknya berhasil mengusir para petempur ISIS dari kawasan sekitar sekolah al-Yarmuk di dalam kota Ain al-Arab alias Kobane di bagian utara Suriah. YPG berhasil menguasai kawasan tersebut hingga kawasan 48 melalui pertempuran yang menewaskan tiga petempur ISIS. Dalam peristiwa ini YPG juga berhasil merebut sejumlah senjata dan perlengkapan ISIS.

Di bagian lain, sumber militer menyatakan pihaknya telah menembak jatuh pesawat nirawak militer Israel di angkasa Quneitra di barat daya Suriah.

Tanpa menyebut identitas sumber itu, kantor berita resmi Suriah, SANA, menyebutkan bahwa pesawat nirawak milik Israel jenis “Skylark 1” tipe “Rochev Shamayim” tertembak jatuh di sebuah lokasi dekat desa Heder. (Baca juga: Tentara Suriah Berhasil Jatuhkan Drone Israel)

Di pihak lain, militer Israel mengaku tidak tahu menahu soal jatuhnya pesawat itu. Radio Israel memberitakan bahwa melalaui sebuah statemen militer Israel menegaskan, “Jatuhnya pesawat nirawak Israel sebagaimana dikabarkan media Suriah merupakan peristiwa yang tidak lazim bagi pasukan Israel.” (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL