bentrok di al-aqsha palestinaRamallah, LiputanIslam.com – Dua lagi orang Palestina, satu di antaranya perempuan, ditembak mati oleh pasukan Zionis Israel di wilayah pendudukan di Tepi Barat. Menyusul peristiwa itu, satu roket dilaporkan telah melesat ke wilayah Israel.

Menurut laporan kantor berita Palestina, Maan, satu korban pria Palestina ditembak mati di dekat sebuah persimpangan di selatan kota Nablus dengan alasan bahwa korban telah menabrakkan mobil yang dikendarainya terhadap sekelompok warga Israel.

Media Israel melaporkan empat warga Israel terluka dalam peristiwa itu, namun satu di antaranya terluka di bagian kaki akibat tembakan. Radio Israel menyebut dua di antara empat warga Israel itu berada dalam kondisi kritis.

Di hari yang sama, menurut media Palestina, tentara Israel juga menembak mati seorang perempuan Palestina dengan alasan bahwa korban telah melakukan serangan dengan senjata tajam.

Laporan lain dari Palestine Press (Akhbar Falestin) menyebutkan satu roket telah ditembakkan ke wilayah Israel (Palestina pendudukan tahun 1948), sementara media Israel melaporkan roket itu jatuh di dekat gedung dewan regional Sha’ar HaNegev, namun karena jatuh dan meledak di tempat terbuka maka roket itu tidak menjatuhkan korban jiwa maupun materi.

Juru bicara militer Israel menyatakan pasukan Israel segera mendatangi lokasi dan melakukan penyelidikan dan sterilisasi.

Belum ada kelompok yang menyatakan bertanggungjawab atas peluncuran roket itu.

Ketegangan Palestina-Israel meluas di berbagai wilayah pendudukan Palestina dalam beberapa minggu terakhir menyusul berkobarnya ambisi kaum Zionis untuk menguasai Masjidil Aqsa yang ditandai dengan upaya Israel menerapkan pembagian jam dan lokasi kunjung di komplek masjid ini antara kaum Yahudi dan umat Islam.

Ambisi itu dilawan oleh umat Islam Palestina dengan aksi jalanan secara massal maupun personal hingga terbentuklah gerakan perlawanan masif yang disebut intifada. Media Palestina melaporkan sekitar 80 orang Palestina telah gugur syahid dalam proses ini. (mm)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL