karbalaKarbala, LiputanIslam.com – Lebih dari 17 juta peziarah dari dalam dan luar negeri Irak dilaporkan telah memasuki kota Karbala dalam rangka mengikuti peringatan “Arba’in Husaini”, yaitu peringatan yang diselenggarakan setiap tahun untuk mengenang 40 hari kesyahidan cucu Rasulullah saw, Imam Husain ra, di kota tersebut pada tahun 61 H/680 M.

“Jumlah peziarah Arab dan luar negeri ke Karbala mencapai 4.5 juta orang, sedangkan jumlah peziarah Irak sendiri 13 juta orang,” ungkap Menteri Pertahanan Irak Khaled al-Obeidi dalam konferensi pers di Karbala, Kamis (11/12), sebagaimana dilaporkan lembaga pemberitaan Irak, al-Sumaria.

Dia juga menjelaskan bahwa kendaraan telah disediakan dalam jumlah besar untuk membantu transportasi para peziarah, dan satuan-satuan pasukan militer telah disiagakan di berbagai lokasi rawan dan tempat-tempat padat kerumunan.

Sementara itu, shalat jamaah secara besar-besaran telah digelar oleh para peziarah sehingga membentuk barisan saf sepanjang 30 kilometer di jalur yang menghubungan Karbala dengan kota Najaf, Rabu (10/12).

“Shalat jamaah seperti ini didirikan sesuai saran dari ulama panutan (marji’) Sayid al-Sistani, dan melibatkan tiga kelompok peziarah ‘al-Husainiyah’, ‘al-Abbasiyah’, dan al-Kadhimiyah’. Barisan shalat jamaah ini memanjang hingga sekitar 30 kilometer dari empat penjuru, yaitu Karbala-Najaf, Wahlah-Karbala, Baghdad-Najaf, dan Wahlah-Baghdad,” ujar Ahmad al-Asykuri yang tampil sebagai imam shalat jamaah akbar tersebut.jamuan makan di irak

Dia menambahkan bahwa shalat jamaah demikian ini digelar untuk menanamkan kesadaran akan pentingnya menjalankan ibadah-ibadah wajib, khususnya shalat, sekaligus dalam rangka membangun spirit solidaritas dan persatuan para pecinta keluarga suci Nabi Muhammad saw di depan kekuatan-kekuatan zalim, keji dan jahat.

Sebelumnya, kelompok peziarah “al-Husainiyyah” telah menggelar acara jamuan makan bersama besar-besaran di distrik Suq al-Shuyukh, provinsi Dhi Qar, hingga membentuk hamparan sepanjang 15 kilometer.

Puncak peringatan “Arba’in Husaini” jatuh pada Sabtu besok (20 Shafar 1436 H / 13 Desember 2014 M). Peringatan ini adalah kelanjutan dari peringatan hari Asyura, yaitu hari syahidnya Imam Husain ra di Karbala di tangan pasukan Yazid bin Muawiyah. Peringatan Asyura dan peringatan Arba’in membuat kota Karbala setiap tahun menjadi lautan manusia yang terdiri atas jutaan peziarah dari dalam dan luar negeri. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL