miltan mesirKairo, LiputanIslam.com –   Sebanyak 16 orang bersenjata tewas terkena serangan udara Mesir terhadap tiga tempat perkumpulan kelompok bersenjata tak dikenal di kota Sheikh Zweid, privinsi Sinai Utara di bagian timur laut Mesir, Minggu (28/6/2016).

“Jet-jet tempur telah membom sebuah tempat perkumpulan kawanan bersenjata di kawasan Murabba’ Najd di bagian selatan Sheikh Zweid, mengakibatkan enam orang di antara mereka tewas,” ungkap sumber keamanan Mesir yang meminta identitasnya dirahasiakan karena tidak berwenang memberikan keterangan, sebagaimana dilansir Anadolu.

Dia melanjutkan bahwa empat  kawanan bersenjata juga tewas terkena gempuran kedua yang menimpa sebuah mobil di kawasan al-Tumah, dan enam lainnya juga menemui nasib yang sama akibat serangan jet tempur Mesir terhadap kawasan sekitar al-Jurah, Sheikh Zweid.

Provinsi Sinai Utara menjadi ajang aksi bersenjata beberapa kelompok militan, terutama kelompok Ansar Beit al-Maqdis yang pada November 2014 menyatakan bergabung dengan kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dan lalu berganti nama menjadi “Wilayat Sinai”.

Sejak September 2013 pasukan militer dan keamanan Mesir melancarkan operasi masif di sejumlah provinsi, terutama Sinai, untuk menumpas apa yang disebut pemerintah Mesir sebagai kelompok-kelompok “teroris”, “takfiri” dan “penjahat”. Pemerintah Mesir menganggap mereka sebagai pelaku berbagai aksi serangan terhadap tentara dan polisi Mesir. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL