القوات العراقية تصد هجوماً لـ"داعش" على عامرية الفلوجةBaghdad, LiputanIslam.com – Sebanyak 133 teroris anggota kelompok ekstrimis takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), tewas dalam pertempuran dengan pasukan kemanan Irak di berbagai lokasi, Ahad (29/9). Demikian dilaporkan Kantor berita Cina, Xinhua, berdasarkan keterangan para pejabat keamanan Irak.

Di provinsi Anbar, pasukan keamanan Irak yang didukung pasukan adat dan beberapa jet tempur telah menangkal serangan kawanan teroris di kawasan Amiriah, Fallujah, dari dua arah hingga terjadi pertempuran yang menewaskan 16 anggota ISIS dan enam pasukan Irak.
Di kota Garma yang terletak di timur kota Fallujah dan sekitar 50 km di barat Baghdad, sedikitnya 11 anggota ISIS tewas dan satu kendaraan mereka yang membawa senjata berat hancur diterjang serangan udara yang diduga berasal dari jet tempur Amerika Serikat (AS) dan Perancis terhadap beberapa posisi ISIS.

Masih di provinsi yang sama, pasukan keamanan yang didukung aliansi pasukan kelompok-kelompok adat dan beberapa jet tempur menyerang psosisi-posisi ISIS dan menyisir empat desa di kota Ramadi, 110 km barat Baghdad, mengakibatkan 18 anggota ISIS tewas, dua di antaranya warga negara asing.

Dalam serangan itu delapan kendaraan pembawa senjata ISIS hancur diterjang serangan udara, dan banyak senjata dan amunisi mereka di dua tempat penyembunyian disita pasukan Irak.

Masih menurut laporan Xinhua, Kepala Kepolisian Provinsi Anbar, Mayjen Ahmed Saddaq al-Dulaimi, mengatakan kepada wartawan bahwa pasukan keamanan dan pasukan adat telah membunuh 82 anggota ISIS dalam beberapa pertempuran terpisah di selatan dan utara Ramadi selama hari yang sama.

Di provinsi Diyala di bagian timur Irak, pertempuran masih berlanjut antara pasukan keamanan yang didukung milisi Syiah di satu pihak dan ISIS di pihak lain di kawasan dekat Bendungan al-Sudour, 110 km timur laut Baghdad, menewaskan enam teroris, menghancurkan tiga kendaraan pembawa senjata berat mereka, menggugurkan satu polisi dan satu anggota milisi Brigade Ahlul Haq dan melukai dua pasukan Irak. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL