killing-of-syrian-rebelsDamaskus, LiputanIslam.com – Korban tewas Perang Suriah terus berjatuhan dalam jumlah besar di pihak pemberontak dan ekstrimis. Dalam pertempuran yang terjadi Selasa (8/4) tak kurang dari 120 gerilyawan pemberontak bergelimpangan tanpa nyawa di kawasan Beit Jinn dekat Damaskus akibat gempuran sengit tentara Suriah, sedangkan ratusan lainnya di beberapa tempat menyerahkan diri kepada tentara Suriah.

Di saat yang sama, tentara Suriah berhasil membebaskan Gunung al-Haramiya, dan di kawasan dekat Idlib dilaporkan bahwa satu wartawan jaringan berita televisi al-Jazeera telah diculik oleh militan Pasukan Kebebasan Suriah (FSA).

Wartawan FNA dari Damaskus menyebutkan sejumlah perkembangan yang terjadi Selasa kemarin sebagai berikut;

–    Sebanyak 120 militan tewas dalam serangan pasukan Suriah ke kawasan gerbang kota Beit Jin yang terletak di selatan Suriah.

–    Tentara Suriah memulai lagi operasi militer untuk pembebasan kota Rankus yang sempat terhenti sejenak. Sumber-sumber Suriah di lapangan menyatakan bahwa operasi ini akan berlangsung tiga tahap.

–    Tentara Suriah menguasai bukit strategis yang dikenal dengan nama Bukit al-Radar di kawasan al-Qalamoun dekat Damaskus.

–    Di sekitar Aleppo serangan tentara Suriah ke sejumlah lokasi termasuk Atarib, Musallamiya, Handarat, dan Khan al-Asal puluhan gerilyawan bersenjata tewas dan sejumlah besar lain luka-luka.

–    Di Latakia bagian utara, tentara berhasil membebaskan gunung al-Haramiya dan membersihkannya dari gerilyawan.

–    Sekitar 340 gerilyawan yang tersebar di berbagai kawasan yaitu Damaskus, Homs, Idlib, Hama, Hasakka, Deir al-Rouz, Aleppo, Daraa dan Tartus meletakkan senjata dan menyerahkan diri kepada tentara Suriah. Gerilyawan yang menyerah itu sebagian besar berada di wilayah sekitar Damaskus, yaitu berjumlah 182 orang.

–    Wartawan jaringan berita televisi al-Jazeera bernama Alaoddin Yusuf dilaporkan telah diculik oleh gerilyawan Pasukan Kebebasan Suriah (FSA) saat bergerak menuju Latakia untuk mengadakan liputan. Disebut-sebut bahwa dia disekap di distrik Darkoush yang terletak di kawasan sekitar Aleppo. (mm/fna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL