العراق يبدأ تنفيذ احكام اعدام بـ(111) سعودياBaghdad, LiputanIslam.com –  Tak kurang dari 111 warga negara Arab Saudi menghadapi vonis hukuman mati setelah sekian lama ditahan dengan berbagai dakwaan, termasuk melancarkan operasi peledakan bom, bergabung dengan kelompok teroris al-Qaeda dan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), dan menyusup ke wilayah Irak untuk tujuan terorisme.

Sebagaimana dilaporkan al-Alam, Selasa (9/2), otoritas Irak mulai menerapkan vonis tersebut dengan mengeksekusi salah seorang tervonis bernama Abdullah Azzam al-Qahtani pada Jumat pekan lalu.

Al-Qahtani ditangkap pada tahun 2009 dengan dakwaan membunuh sejumlah orang di Baghdad serta terlibat aksi peledakan di beberapa gedung kementerian dan lain-lain.

Menurut sumber kuasa hukum Irak, tujuh tervonis lainnya akan dieksekusi dalam waktu dekat,

Duta Besar Arab Saudi di Baghdad, Thamir al-Sabhan, sebagaimana dilansir al-Quds al-Arabi, mengaku kecewa terkait eksekusi al-Qahtani karena baru diberitahu satu hari setelah eksekusi. Dia juga meminta kepada pemerintah Irak agar dapat merundingkan masalah tahanan Saudi.

Irak dan Saudi pernah meneken perjanjian pertukaran tahanan, namun pemerintah Irak menolak penukaran tahanan Saudi yang terlibat aksi teror. Sekretaris Departemen Dalam Negeri Irak, Ibrahim al-Abadi, beralasan bahwa perjanjian itu hanya berkaitan dengan pelaku kejahatan kriminal biasa, bukan kejahatan teror. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL