teroris di sinai mesirKairo, LiputanIslam.com – Sebanyak 438 teroris penganut faham takfiri (suka mengafirkan lawan pendapat) tewas diterjang operasi militer pasukan Mesir bersandi “Haq al-Syahid” yang sudah berjalan 11 hari di berbagai kawasan Semenanjung Sinai.

Koran Mesir al-Watan melaporkan bahwa ratusan teroris takfiri yang terbunuh itu tersebar di beberapa desa dan kawasan sekitar kota al-Arish dan Sheikh Zuweid, Sinai.

Selama 11 hari itu pula, pasukan Mesir juga berhasil meringkus 462 buronan, mengungkap 385 bom yang siap diledakkan teroris di jalanan dan lokasi-lokasi strategis, serta menghancurkan 65 unit mobil, 530 tempat perlindungan dan persembunyian bawah tanah, 156 unit motor, dan 26 gudang senjata dan amunisi para teroris.

Sejak presiden Mesir Mohamed Morsi terguling pada tahun 2013 akibat kudeta militer Mesir menyusul maraknya unjuk rasa akbar anti-Morsi, Negeri Piramida ini, terutama kawasan Semenanjung Sinai, menjadi ajang kekerasan dan kerusuhan.

Kerusuhan yang sebagian besar dilancarkanoleh kelompok Wilayat Sinai yang berafiliasi dengan ISIS sejauh ini telah merenggut ratusan nyawa tentara dan polisi Mesir. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL