Baghdad, LiputanIslam.com –  Tak kurang dari 100 anggota ISIS tewas terkena serangan jet-jet tempur Irak terhadap beberapa sasaran kelompok teroris ISIS bersamaan dengan digelarnya operasi militer di empat provinsi di negara ini.

Dalam statemennya yang dirilis Selasa (9/5/2017), komando operasi gabungan Irak menyatakan, “Mengacu pada data-data intelijen, jet-jet tempur Irak telah melancarkan serangan udara terhadap ISIS bersama dengan berlangsungnya operasi yang dilakukan oleh komando operasi gabungan di  provinsi-provinsi Anbar, Nineveh, Diyala dan Salahuddin. Operasi ini telah menewaskan 100 anggota ISIS di dua kawasan Anah dan al-Qaim, Irak Barat, setelah dilakukan serangan terhadap sel-sel khusus gerombolan ini.”

Disebutkan bahwa sel-sel teroris itu bekerja untuk melancarkan serangan di Baghdad dan Palmyra (Suriah), dan yang disasarkan Angkatan Udara Irak adalah tempat-tempat perakitan bom dan roket serta bengkel-bengkel pembuatan bom mobil serta tempat khusus untuk pesawat-pesawat nirawak.

“Serangkaian serangan khusus akan mendinginkan hati anak-anak yatim dan para ibu yang kehilangan anaknya, dan akan menggembirakan anak-anak negeri ini untuk menamatkan riwayat gerombolan-gerombolan itu di Irak dan kawasan sekitar,” lanjut statemen tersebut.

Seperti diketahui, pasukan Irak melancarkan operasi pembebasan Mosul barat sejak Januari lalu setelah sebelumnya berhasil membebaskan secara total bagian timur kota yang terbelah menjadi dua bagian oleh Sungai Tigris di Irak utara ini.

Letjen Abdul Amir Yarallah yang memimpin operasi ini menyatakan bahwa satuan-satuan pasukan kontra-terorisme telah membebaskan kawasan al-Sina’ah utara di Mosul barat, Selasa. Sehari sebelumnya mereka menguasai al-Haramat, salah satu distrik terbesar di Mosul barat, dan satu distrik lagi di sisi barat laut.

Sejauh ini sebagian besar distrik di Mosul barat sudah dikuasai oleh pasukan Irak. Menurut para aktivis dan lembaga-lembaga HAM, sekira 250 penduduk masih terjebak di tengah pertempuran dengan kondisi yang sangat mengenaskan.  (mm/rayalyoum/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL