Baghdad, LiputanIslam.com –   Komandan Operasi Baghdad Brigjen Jalil al-Rubai mengumumkan bahwa 10 teroris anggota kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), lima di antaranya pembawa misi serangan bom bunuh diri, tewas diterjang operasi keamanan pasukan gabungan Irak yang dilancarkan di berbagai kawasan Baghdad, ibu kota Irak, untuk mengamankan peringatan Hari Asyura.

Dalam jumpa pers Senin (2/10/2017), al-Rabai mengatakan, “Pasukan keamanan telah membunuh tiga pembawa misi serangan bunuh diri ISIS di kawasan Jazirah al-Karmah, Baghdad barat, yang berencana menyerang para peziarah di ibu kota.”

Dia melanjutkan bahwa dua anggota ISIS lain pembawa misi yang sama juga terbunuh di kawasan Khani Bani Said, Baghdad utara.

Menurutnya, serangan udara Irak juga telah menghantam sebuah posisi ISIS di Baghdad utara hingga menewaskan lima anggota ISIS lain yang dua di antaranya berjulukan Abu al-Khitab dan Abu Umar yang bertugas menyediakan kendaraan untuk para pembawa serangan bom bunuh diri di Baghdad.

Pasukan keamanan Irak juga meringkus dua anggota ISIS yang satu di antaranya bertugas membawa para penyerang bunuh diri ISIS di kawasan al-Taji, Baghdad utara, dan yang lain di dustrik al-Amil, Baghdad selatan. Selain itu, satu seorang pria juga diciduk karena diduga melakukan jual beli senjata di kawasan Sadr, Baghdad timur.

Hari Minggu lalu warga Muslim Irak dan para peziarah mancanegara memperingati Hari Asyura yang merupakan peringatan kesyahidan Imam Husain bin Ali ra, cucunda Nabi Muhammad SAW, di Karbala pada tahun 61 Hijriah.

Laporan lain menyebutkan bahwa satu tokoh kombatan ISIS, Abu Karim al-Iraqi, tewas terkena serangan udara di barat daya Kirkuk. (mm/rt/alsumarianews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL