Moskow, LiputanIslam.com –   Kemhan Rusia dalam statemennya menyatakan 10 orang pemimpin kelompok bersenjata ilegal telah bersepakat untuk balik berpihak kepada Pasukan Arab Suriah (SAA).  Bersamaan dengan ini Presiden Suriah Bashar al-Assad menginstruksikan penyelenggaran pemilu dewan perwakilan rakyat daerah kota Deir Ezzor.

“Sebagai hasil proses yang sedang berjalan, telah dicapai kesepakatan dengan 10 pemimpin lapangan kelompok-kelompok bersenjata mengenai keberpihakan mereka kepada pasukan pemerintah,” bunyi statemen Kemhan Rusia yang dirilis Senin (11/9/2017).

Kemhan Rusia juga menjelaskan bahwa sesuai seruan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah dijalankan misi pengawalan konvoi kemanusiaan yang membawa bahan makanan, obat-obatan, dan berbagai kebutuhan pokok lainnya ke desa Tal Jihab di provinsi Dara, dan dicapai pula kesepakatan mengenai partisipasi delegasi PBB dalam pemulihan pasokan listrik secara kontinyu ke provinsi Homs.

Menurut Kemlu Rusia, sebanyak lebih dari 70 kepala keluarga telah kembali ke kampung halaman mereka di 12 daerah di bagian utara provinsi Aleppo.

Sementara itu, Presiden Suriah Bashar al-Assad menginstruksikan penyelenggaraan pemilu dewan perwakilan rakyat daerah kota Deir Ezzor pada 30 September 2017 menyusul keberhasilan SAA memecah kepungan ISIS terhadap kota ini.

Provinsi Deir Ezzor terletak di bagian timur Suriah dan berbatasan dengan Irak, sementara ibu kotanya yang menggunakan nama yang sama berada di sisi Sungai Furat. Kota ini dikepung ISIS sejak 2014 namun selama itu bantuan untuk penduduk masih dapat dilakukan melalui udara. (mm/rayalyoum/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL