Pasukan Irak bergerak menuju Mosul

Pasukan Irak bergerak menuju Mosul

Mosul, LiputanIslam.com –  Pasukan relawan Irak al-Hashd al-Shaabi dalam serangannya terhadap kelompok teroris ISIS di barat Mosul, Senin (31/10/2016), dilaporkan telah bergerak cepat dan berhasil membebaskan 10 desa lagi.

Dari pantauan pesawat nirawak terlihat banyak kawanan bersenjata ISIS kabur menuju Suriah, dan pasukan relawan berusaha memburu ISIS di barat Mosul.

Di front timur, menurut keterangan sumber militer, tentara Irak mulai masuk ke dalam kota Mosul.  “Al-Karamah adalah kawasan pertama dalam kota Mosul, pasukan Irak sudah berada di sana,” ungkap sumber anonim itu.

Ali al-Yasiri, komandan Brigade al-Khorasani juga mengabarkan masuknya pasukan Irak ke Mosul. “Tentara Irak dini hari ini (Senin) masuk ke permukiman pertama pinggiran kota Mosul,” ungkap Ali al-Yasiri.  Dia menambahkan bahwa tentara Irak memasuki kawasan permukiman al-Hayy al-Saddam dan daerah Kukaz.

Gerak maju pasukan Irak semakin lancar dan ISISpun kian terdesak hebat sejak kelompok relawan besar Irak al-Hashd al-Shaabi ikut terjun ke medan pertempuran. Relawan yang disebut-sebut mendapat dukungan dari Iran dan diakui andil besar dalam pembebasan berbagai kota dan daerah dari pendudukan gerombolan teroris ISIS.

Komando operasi bersama pasukan Irak menyatakan bahwa pasukan anti-teror dan tentara Irak telah melancarkan sebuah operasi untuk “maju ke sisi kanan kota Mosul dari tiga front.”

Mosul adalah kota terbesar kedua di Irak yang diduduki ISIS sejak 2014. Kota ini dibelah oleh Sungai Tigris menjadi dua bagian timur dan barat. Orang Irak menyebut bagian timur dengan sisi kiri (sahil al-aisar”, dan bagian barat dengan sisi kanan (sahil al-aiman).

Operasi pembebasan kota ini memasuki minggu ketiga, dan Senin kemarin Kemhan Irak menyatakan satuan-satuan pasukan Irak di front utara telah memulai tahap kedua operasi.

Perdana Menteri Irak Haeder Abadi yang meninjau pangkalan al-Qayyarah dekat Mosul dalam pernyataan resminya melalui televisi Senin kemarin menyatakan pasukan Irak sudah “sangat dekat” dengan Mosul dan meminta penduduk kota ini supaya bertahan dalam rumah serta mencegah ISIS menghancurkan bangunan-bangunan infrastruktur atau meledakkan jalan-jalan. (mm/irna/alsumarianews/raialyoum/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL