palestine flagAl-Khalil, LiputanIslam.com –Kelompok-kelompok pejuang Palestina di Jalur Gaza menyambut gembira “operasi Hebron (al-Khalil)” yang menewaskan satu imigran Zionis dan menciderai tiga  lainnya di kota Palestina al-Khalil, Tepi Barat Sungai Jordan, yang diduduki Israel.

Gerakan Perlawanan Islam (Hamas) dan Gerakan Jihad Islam Palestina menyebut serangan ini sebagai reaksi atas pendudukan Israel. Operasi ini dilancarkan para pejuang Palestina Senin sore waktu setempat (14/4/2014) dengan menembaki mobil di al-Khalil.

“Selamat atas operasi al-Khalil yang penuh kepahlawanan dan keberanian,” ujar Juru Bicara Hamas Fawzi Barhum seraya menyebutkan bahwa operasi itu merupakan akibat dari segala bentuk penindasan dan kejahatan terhadap hak  dan martabat bangsa Palestina serta kesucian Masjid al-Aqsha. Dia menyerukan kepada semua faksi Palestina supaya menunjukkan reaksi perlawanan terhadap aksi pendudukan Israel terhadap Palestina.

Ucapan selamat juga dinyatakan oleh Gerakan Jihad Islam Palestina. Faksi ini menegaskan bahwa serangan tersebut merupakan reaksi wajar terhadap aksi pendudukan dan kejahatan imigran Zionis terhadap penduduk dan bangsa Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza,  terutama tindakannya menghalalkan penodaan terhadap kesucian Komplek Masjid al-Aqsha.

Serangan ini juga mendapat sambutan gembira dari Brigade Perlawanan Nasional yang merupakan sayap militer Front Demokrasi Pembebasan Palestina. Kelompok ini menegaskan bahwa perlawanan merupakan satu-satunya jalan untuk memaksa kaum Zionis keluar dari wilayah pendudukan. Hal senada juga diungkapkan oleh Brigade Mujahidin Jalur Gaza.

Serangan hingga menewaskan warga Zionis di al-Khalil tersebut merupakan yang pertama kalinya sejak awal tahun ini.  Peristiwa itu terjadi di sebuah jalan di Rute 35 dekat pos tarkumia di wilayah barat al-Khalil. Sumber-sumber Israel menyebutkan bahwa sedikitnya satu pria bersenjata mendekati jalan itu dengan berjalan kaki kemudian menembaki mobil yang melintas di dekatnya.

Setelah menembaki mobil pertama, pria itu bergeser ke tempat lain sambil terus menembaki mobil-mobil warga Israel kemudian kabur dan hilang. Seorang saksi mata mengatakan bahwa pria itu mengenakan helm dan berada di bahu jalan serta menembaki mobil-mobil yang melintas dengan senapan jenis AK-47. (mm/presstv/jerussalempost)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*