Gaza, LiputanIslam.com –  Satu warga Palestina gugur syahid dan tiga lainnya luka-luka terkena tembakan pasukan pendudukan Israel di dekat pagar di gerbang Abu Safiya di timur Al-Maghazi, Jalur Gaza tengah, pada Kamis malam (8/11/2018).

Media Palestina mengumumkan bahwa pasukan pendudukan Israel mencegah kedatangan ambulan untuk melarikan warga yang terluka ke rumah sakit.

Saksi mata mengatakan kepada Quds Press bahwa pasukan Israel menembaki sekelompok pemuda di dekat pagar pemisah di timur kamp pengungsi al-Maghazi, Jalur Gaza tengah, hingga menewaskan salah seorang di antara mereka.

Juru bicara Kementerian Kesehatan di Gaza, Ashraf al-Qudra, mengatakan,”Seorang warga Palestina tertembak mati oleh peluru Israel di dekat perbatasan timur Deir al-Balah,Jalur Gaza tengah.”

Sumber-sumber Israel mengatakan bahwa pasukan militer Israel menembaki sekelompok pemuda di dekat pagar pemisah di Jalur Gaza selatan, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Warga Palestina sejak 30 Maret lalu rutin menggelar pawai damai di dekat pagar pemisah antara Jalur Gaza dan Israel (Palestina pendudukan 1948) untuk menuntut hak para pengungsi Palestina pulang ke kampung halaman di mana mereka diusir pada tahun 1948, sekaligus menuntut penghentian blokade  Gaza oleh Israel.

Tentara Israel merespon aksi damai itu dengan aksi kekerasan, yaitu dengan menembakkan peluru dan gas air mata hingga menggugurkan 232 warga dan melukai 22 ribu lainnya dengan kondisi 500 di antaranya parah. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*