saudi irakRiyadh, LiputanIslam.com – Tiga pasukan perbatasan Arab Saudi, satu di antaranya jenderal, tewas akibat serangan “teroris” di perbatasan antara negara kerajaan ini dengan Irak. Kementerian Dalam (Kemdagri) Arab Saudi menyatakan bahwa kawanan bersenjata tak dikenal telah melepaskan tembakan ke arah pasukan patroli perbatasan Saudi di dekat Arar pada Senin (5/1/2015) dini hari sekitar pukul 4.30 waktu setempat.

Sebelum itu, dua pasukan perbatasan Saudi tewas dan satu lainnya cidera.

“Empat teroris diketahui mencoba menyusup ke Saudi melalui pos Suef yang berbatasan dengan Irak. Ketika pasukan patroli mencegat, para teroris itu melepaskan tembakan sehingga direspon dengan semestinya. Akibatnya, satu teroris terbunuh, sementara satu lainnya meledakkan bom sabuk yang dikenakannya ketika pasukan patroli meminta supaya menyerah,” kata juru bicara Kemdagri Saudi, sebagaimana dilansir kantor berita negara ini, SPA.

Dia menambahkan, “Pasukan patroli memburu dua orang lain yang berusaha kabur. Para petugas keamanan mengepung keduanya di Lembah Arar. Pasukan patroli meminta mereka supaya menyerah, tapi satu di antara keduanya meledakkan diri sementara satu lainnya terbunuh oleh petugas.”

Menurut Kemdagri Saudi, setelah melakukan penyisiran lokasi, pasukan perbatasan Saudi berhasil menyita satu pucuk senjata otomatis dan pistol, beberapa granad tangan dan bom sabuk serta sejumlah buku bank.

Kemdagri juga menyatakan, “Akibat kontak senjata dan ledakan bom sabuk, Brigjen Awdah Mouawad al-Balawi, Kopral Tariq Mohammed Halawi dan satu petugas swasta Yahya Ahmed Najmi terbunuh, sementaara Kolonel Salem Taasan al-Anzi dan pihak swasta Yahya Ahmed Muqari cidera serta dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Kondisi kesehatan mereka stabil.” (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*