آلاف المتطوعين من انحاء العراق والعشائر تقاتل داعش في عدة مدنBaghdad, LiputanIslam.com – Jumlah relawan yang siap bertempur melawan militan Daulat Islam Irak dan Suriah (ISIS) dikabarkan mencapai 1.5 juta orang.

“Ada 1.5 juta relawan yang tersebar di seluruh penjuru Irak siap mengganyang militan Daulat Islam Irak dan Suriah (ISIS)” ungkap Komandan Operasi Samarra, Sabah al-Fatlawi, sebagaimana dilansir Sout al-Iraq dan dikutip FNA Jumat (13/4/2014).

Fatlawi juga mengatakan sejauh ini sudah dikirim banyak peralatan tempur dan senjata dari berbagai jenis dari Baghdad ke Samarra.

Dia menepis kabar bahwa Samarra jatuh ke tangan ISIS. Dia menegaskan bahwa kota berada di bawah kendali penuh pasukan keamanan Irak dan kelompok adat.

Sebelumnya, ulama Syiah terkemuka Irak, Grand Ayatullah Sayyid Ali al-Sistani, menyerukan kepada rakyat Irak supaya mengangkat senjata melawan teroris. Seruan itu disampaikan oleh wakil Sang Ayatullah, Syekh Abdul Mahdi al-Karbalai dalam khutbah Jumat (13/6/2014).

“Bagi warga yang mampu mengangkat senjata dan memerangi para teroris demi membela tanah air, bangsa dan kesucian agamanya adalah kewajiban untuk menjadi relawan dan bergabung dengan pasukan keamanan untuk merealisasi tujuan ini,” ungkap al-Karbalai, seperti dimuat al-Rai al-Youm.

Dia menambahkan, “Irak sedang menghadapi bahaya besar. Para teroris tidak hanya ingin menguasai sebagian provinsi, melainkan berterus terang ingin menyerbu semua provinsi, terutama Baghdad, Karbala, dan Najaf. Karena itu, membendung dan memerangi mereka adalah tanggungjawab semua pihak tanpa ada golongan dan pihak yang terkecuali.” (mm/fna/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL