pasukan suku irak3Baghdad, LiputanIslam.com –  Menteri Transportasi Irak Baqir Jabr al-Zubeidi menyatakan Iran telah mempesenjatai suku-suku Sunni Irak demi membebaskan negara ini dari gerombolan teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

“Dukungan Iran kepada orang-orang Irak di Diyala, Salahuddin, Baghdad dan Jurf al-Sakhar telah menyebabkan teratasinya bahaya para teroris ISIS,” ungkapnya dalam wawancara dengan Alarabiya, sebagaimana dilansir al-Youm al-Sabea yang berbasis di Mesir, Selasa (9/6).

Dia menambahkan bahwa selain tentara, polisi dan relawan al-Hasdh al-Shaabi, suku-suku Sunni Irak juga telah mendapatkan senjata dari Iran.

Tanpa menyebutkan nama suku-suku Sunni itu, dia mengatakan, “Data-data intelijen yang ada membenarkan berita ini.”

Dia juga bersumpah, “Demi Allah, seandainya tidak ada dukungan ini ISIS pasti menyerang pusat kota Baghdad, konflik internal memuncak dan Holocoust yang nyata pasti terjadi di Irak.”

Mengenai Anbar dia mengatakan bahwa serangan ISIS ke provinsi ini merupakan “pelarian ke depan” demi menghindari pertempuran di Mosul serta terjadi sebentuk pengkhianatan di sana.

“Apa yang terjadi di Anbar (kaburnya polisi dan tentara Irak dari Anbar) merupakan sebentuk pengkhianatan,” ungkapnya.
Dia mengatakan bahwa kasus ini harus diselidiki dan hasilnya diserahkan kepada dewan kabinet untuk kemudian dinilai apakah ini merupakan aksi pengkhianatan atau sekedar kesalahan biasa. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL