suriah_al-nusraDamaskus, LiputanIslam.com – Front al-Nusra yang merupakan cabang resmi jaringan teroris al-Qaida di Suriah telah menculik komandan militer pemberontak provinsi Daraa, Suriah, Kapten Ahmad Fahd Naameh yang juga merupakan pengawal pribadi Ketua Aliansi Oposisi Suriah, Ahmad al-Jarba.

Reporter FNA Minggu (4/5/2014) dari Damaskus melaporkan, ketika semua perhatian sedang tertuju ke wilayah selatan Suriah, khususnya provinsi Quneitra hingga Daraa dan terbetik kabar bahwa kelompok-kelompok pemberontak di kawasan ini mendapat bantuan maksimal dari Israel, Front al-Nusra di Daraa tiba-tiba menggelar aksi razia dan penangkapan terhadap elemen dewan militer pemberontak yang baru saja dibentuk di kawasan Daraa.

Terkait aksi ini, sumber-sumber lokal menyebutkan bahwa al-Nusra telah menculik Naameh bersama lima komandan faksi-faksi oposisi, dua di antaranya adalah Khaled al Rifai, komandan faksi Hamad al-Thani di kawasan al-Ghariyah dan Musa al-Ahmad, komandan faksi al-Fursan al-Awwal di pusat pemeriksaan kamp pengungsi Palestina Yarmuk.

Front al-Nusra dalam publikasinya menyatakan para komandan itu ditangkap karena telah berkhianat, melakukan pencurian serta menjadi sebab kekalahan dalam pertempuran di distrik Khirbah Ghazal.

Penculikan ini juga dilaporkan oleh lembaga Pengawas HAM Suriah. Menurut lembaga ini, penculikan terjadi ketika faksi-faksi pemberontak mengalami kemajuan signifikan di Daraa di mana keberadaan Front al-Nusra terbatas. Naameh datang ke Daraa dari Jordania pekan lalu untuk membantu faksi-faksi pemberontak, termasuk al-Nusra sendiri, melawan pemerintahan Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Naameh pernah menjadi pendamping dan pengawal pribadi Ahmad al-Jurba ketika ketua Koalisi Oposisi Suriah ini meninjau desa perbatasan Tel Shihab. Tanggal 1 Agustus tahun lalu Naameh mengumumkan pembentukan sebuah faksi bernama Front Revolusi Suriah Selatan. Dia juga tercatat sebagai tokoh pemberontak yang menjalin komunikasi intensif dengan militer Israel. (mm/fna/newvision)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL