London,LiputanIslam.com-Harian Inggris, The Times, menyatakan, negara-negara Arab diam-diam sepakat dengan Israel dalam mendukung kemerdekaan Kurdistan Irak. Sikap ini sejalan dengan ungkapan “musuh dari musuhku adalah temanku.”

Menurut The Times, Israel terang-terangan mendukung kemerdekaan Kurdistan, sementara Saudi menyokongnya secara diam-diam. Keduanya percaya, kemerdekaan Kurdistan akan membuat mereka memiliki ‘wakil’ yang memiliki perbatasan pegunungan bersama dengan Iran.

Sejumlah pejabat UEA, termasuk Ebtesam al-Ketbi, juga menyatakan dukungan mereka terhadap pemisahan Kurdistan dari Irak. UEA pada awal tahun ini menandatangani MOU dengan Kurdistan untuk membantu penyelenggaraan referendum.

Al-Ketbi menyatakan, jika Kurdistan menyatakan kemerdekaan dari Irak, maka Abu Dhabi akan mengakuinya secara resmi.

Di pihak lain, Turki meminta agar partai-partai penentang Barizani memberi tenggat waktu 24 jam untuk membatalkan referendum.

The Times berpendapat, problem utama masalah ini adalah, jika referendum dilangsungkan, kemerdekaan Kurdistan tak akan segera diumumkan, tapi akan dirundingkan dengan Baghdad dalam waktu lama. (af/isna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL