Washington,LiputanIslam.com-Majalah Time melaporkan, menteri luar negeri AS mengutarakan niatnya untuk mengundurkan diri dan mencalonkan diri dalam pemilihan anggota senat tahun depan. Hal ini disampaikan Mike Pompeo pada pekan-pekan lalu kepada tiga anggota senior Partai Republik.

Menurut Time, problem yang kini dihadapi Pompeo adalah cara ia mewujudkan niatnya ini tanpa mendapatkan konsekuensi politis.

Baca: Palestina Adukan Menlu AS Kepada PBB Ihwal Permukiman Zionis

Mengutip dari tiga anggota Partai Republik tersebut, Time mengabarkan bahwa sebelum ini, Pompeo akan bertahan di posisinya hingga awal musim semi tahun depan. Namun sejumlah perkembangan terakhir, terutama yang berkaitan dengan dimulainya proses interpelasi Donald Trump, membuat Pompeo harus menanggung konsekuensi politis. Hubungannya dengan Trump dikabarkan memburuk, sehingga saat ini dia tengah mengkaji ulang rencananya.

Salah satu sumber Time terkait berita ini dahulu pernah menjadi bagian kabinet Trump. Orang kedua saat ini adalah anggota pemerintahan, sedangkan orang ketiga adalah salah satu pengambil keputusan politik di Republik. Mereka menyatakan, penentuan waktu mundurnya Pompeo bergantung pada kapan ia bisa melakukannya dengan senyaman mungkin.

Sejauh ini, belum ada tanda-tanda bahwa Pompeo telah memberitahukan niatnya ini kepada Trump. (af/yjc)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*