Damaskus,LiputanIslam.com-Komite Inspeksi PBB dalam laporannya pada Rabu (6/9) menyatakan, pemerintah Damaskus bertanggung jawab dalam serangan kimia di Khan Sheikhoun, Idlib, Suriah.

Menurut berita yang dilansir situs Sabq, Paulo Pinheiro, ketua komisi PBB tersebut mengatakan,”Komite telah mencatat 33 serangan kimia di Suriah. Tujuh di antaranya dilakukan oleh pemerintah Damaskus pada bulan Maret dan Juli.”

Tim inspeksi PBB mengklaim, mereka memiliki bukti-bukti mencukupi akan keterlibatan tentara Suriah dalam serangan tersebut. Di pihak lain, Damaskus telah berulangkali membantah tuduhan penggunaan senjata kimia.

Ini merupakan kali pertama PBB secara resmi menuduh pemerintah Suriah menggunakan senjata kimia. Serangan kimia yang terjadi 4 April ini dilaporkan menewaskan sedikitnya 83 orang.

Damaskus telah menegaskan bahwa persediaan senjata kimianya telah dipindah ke luar negeri atau dimusnahkan. Tindakan ini diambil berdasarkan kesepakatan antara Rusia dan Amerika.

Para pengamat menilai, tuduhan PBB atas Damaskus dilakukan demi mengalihkan perhatian dunia dan menutup-nutupi kekalahan teroris yang didukung Barat di medan tempur Suriah. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL