Washington,LiputanIslam.com-Menlu AS menyebut tawaran Korut untuk berunding sebagai hal yang menakjubkan. Rex Tillerson mengatakan, perubahan sikap Pyongyang sangat signifikan.

Menurut Tillerson, seperti dikutip oleh Associated Press, perubahan mencolok Pyongyang inilah yang mendorong presiden AS untuk menemui pemimpin Korut.

“Ini adalah pertanda terkuat hingga saat ini bahwa Pyongyang benar-benar ingin berunding, bukan sekedar beretorika,”ujar Tillerson.

Menlu AS menyatakan, Donald Trump mengumumkan kesiapapannya untuk bertemu Kim Jong-un. Dia menegaskan, pengaturan pertemuan ini hanya akan memakan waktu beberapa minggu saja.

Baru-baru ini, delegasi dari Korsel berkunjung ke Washington. Dia membawa surat dari pemimpin Korut yang kemudian diserahkan kepada Trump.

Setelah itu, para pejabat AS dan Korsel mengumumkan, Kim Jong-un menawarkan pertemuan dengan Trump guna membahas perselisihan kedua pihak.

Trump pada Jumat in (9/3) dalam akun Twitter-nya menyatakan, embargo atas Korut akan tetap berjalan hingga tercapainya kesepakatan final. Menurutnya, ada banyak kemajuan yang telah tercapai dan pertemuannya dengan pemimpin Korut telah diatur. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*