Washington,LiputanIslam.com-Kantor berita Sputnik melaporkan, menlu Amerika, Rex Tillerson, dalam sebuah konferensi pers mengatakan,”Rusia mengirim senjata untuk Taliban. Ini jelas bertentangan dengan aturan Dewan Keamanan PBB. Kami tidak suka menyaksikan tindakan ini dan berharap Rusia segera menghentikannya.”

Saat seorang wartawan berkata bahwa Trump tidak menyinggung isu pengiriman senjata pihak asing ketika berbicara tentang strategi baru Amerika di Afghanistan, Tillerson menjawab,”Jika ada yang ingin mengirim senjata untuk Afghanistan, itu harus dilakukan melalui pemerintah negara ini.”

Sebelum ini, Amerika juga pernah melontarkan tuduhan serupa. Kemenlu Rusia segera membantah tuduhan ini dan menuntut Amerika memberikan bukti.

Namun sejauh ini, baik pejabat Afghanistan atau panglima pasukan Amerika dan NATO di Afghanistan tidak kunjung memberikan bukti yang diminta Rusia.

Kemenlu Rusia dalam statemennya menyatakan, Rusia berhubungan dengan Taliban hanya demi menjamin keamanan warga Rusia di Afghanistan dan mendorong kelompok ini untuk mengikuti proses perdamaian nasional negara tersebut.

Sebelum ini, Trump juga menuduh Pakistan memberi perlindungan kepada para teroris. Dia mengatakan,”Jika Pakistan masih tetap melindungi teroris, mereka akan kehilangan banyak kepentingannya. Salah satu opsi adalah menggantikan Pakistan dengan India yang memiliki hubungan dagang baik dengan Amerika.” (af/alalam/mehr)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL