Washington,LiputanIslam.com-Menlu AS, Rex Tillerson, dan Kepala Staf Gedung Putih, John Kelly, mengeluhkan campur tangan menantu Trump dalam urusan Kementerian Luar Negeri AS.

Menurut The Hill, yang mengutip laporan dari Politico, Tillerson gusar karena Jared Kushner mengintervensi urusan luar negeri AS, yang semestinya ditangani oleh para diplomat kemenlu. Saat ini, menantu Trump menangani masalah Israel- Palestina, juga hubungan antara AS dengan China dan Meksiko.

Tillerson juga mengeluhkan intervensi Nikki Haley (wakil AS di PBB) dan Herbert McMaster (konsultan keamanan nasional Gedung Putih) dalam urusan departemennya.

“Kita tidak bisa memiliki empat menlu sekaligus,”ujar Tillerson.

Kelly juga mendukung sikap Tillerson dalam hal ini. Menurut Politico, dia juga bermasalah dengan campur tangan Kushner dalam urusan pemerintahan AS. Kushner pernah berkata kepada Kelly,”Kita butuh menlu yang mendukung (keputusan) Presiden.”

Saat ini, Kelly tengah mengkaji berkas Kushner untuk mengeluarkan izin akses terhadap informasi yang diklasifikasi oleh Gedung Putih. Gedung Putih telah memberlakukan aturan baru untuk menyelidiki masa lalu para pegawai, khususnya untuk izin mengakses info-info rahasia.

Kushner disebut-sebut sebagai salah satu orang yang punya akses terhadap informasi harian presiden AS. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*