Paris,LiputanIslam.com-Kantor berita Reuters mengabarkan, presiden Prancis pernah bersitegang dengan putra mahkota Saudi perihal Iran. Perdebatan antara Emmanuel Macron dan Muhammad bin Salman (MbS) terjadi saat kunjungannya ke Riyadh pada November tahun lalu.

Sebelum ini, New York Times juga pernah memberitakan, MbS sempat melontarkan ancaman kepada Macron. Dia mengancam akan memutus hubungan dagang dengan Paris jika Prancis masih menjalin hubungan niaga dengan Iran.

Dalam laporan Reuters pada Jumat (6/4) disebutkan, Macron dan MbS memang terlihat menyunggingkan senyum dalam pertemuan terbuka mereka di Riyadh. Namun perdebatan seru dalam pertemuan tertutup mereka menunjukkan adanya perubahan dalam hubungan kedua belah pihak.

Macron mengingatkan MbS akan posisi Prancis sebagai sebuah negara nuklir dan anggota tetap Dewan Keamanan PBB. Sebab itu, kata Macron, Paris bebas bertindak sesuai kehendaknya.

Kabar ini terbetik di tengah rencana MbS untuk berkunjung ke Prancis. Dia akan tiba pada hari Minggu (8/4) untuk melakukan kunjungan selama dua hari.

Sepuluh kelompok pembela HAM pada Rabu (4/4) meminta Macron menekan Saudi untuk mengakhiri blokade pelabuhan Yaman dan menemukan solusi diplomatik untuk perang di negara tersebut. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*