Damaskus,LiputanIslam.com-Sejumlah kelompok teroris di sekitar pangkalan al-Tanf dikabarkan siap menyerahkan diri kepada tentara Suriah.

Berdasarkan laporan ini, beberapa kelompok lain, termasuk kelompok yang dinamakan “Maghawir al-Tsaura”, menolak untuk menyerah. Mereka menuntut pembuatan sebuah jalur untuk dilewati mereka menuju utara Suriah.

Al-Tanf adalah sebuah daerah strategis dan penting, yang berada di gurun Suriah (al-Badiyah) di perbatasan segitiga Suriah, Irak, dan Yordania.

AS memiliki 19 pangkalan militer di kawasan timur Suriah dan di dekat perbatasan bersama negara ini dengan Irak. Pangkalan terpenting mereka terletak di al-Tanf (tenggara Suriah).

AS memasuki kawasan timur Suriah sejak pemerintahan Barrack Obama pada 2015 lalu dengan dalih memerangi ISIS. Hal ini dilakukan saat keberadaan kelompok teroris takfiri ini terus terancam oleh tentara Suriah.

Awalnya, pasukan AS memasuki Suriah secara diam-diam. Kebanyakan dari mereka beraktivitas di tengah-tengah pasukan Kurdi Suriah. Namun, dengan terlihatnya aktivitas mereka di timur Suriah, juga publikasi media tentang hal ini, akhirnya AS terpaksa mengaku bahwa mereka berada di negara tersebut untuk melatih pasukan Kurdi. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*