Berlin,LiputanIslam.com-Situs TRT World mengabarkan, sebuah masjid milik warga Turki di Berlin dibakar orang-orang tak dikenal. Peristiwa pada Minggu pagi (11/3) waktu setempat ini terjadi usai kelompok teroris PYD/PKK mengancam akan melakukan aksi kekerasan terhadap Turki.

Masjid Koca Sinan, yang dimiliki organisasi Muslim Turki (DITIB), mengalami kerusakan cukup parah akibat pembakaran tersebut.

“Para saksi mengatakan, tiga pelaku bertopeng melemparkan bahan pemicu kebakaran ke arah masjid, lalu melarikan diri,”tutur Bayram Turk, pengurus Masjid Koca Sinan.

Para pendukung PYD/PKK pada Sabtu pekan lalu mengancam, mereka akan menyerang lembaga dan organisasi Turki di Jerman, sebagai bentuk protes terhadap operasi militer Turki di Afrin.

Tentara Turki melancarkan “Operasi Ranting Zaitun” sejak 20 Januari lalu di Afrin. Mereka membombardir basis-basis pasukan Kurdi di Rif Aleppo Timur dan Barat.

Ankara menganggap operasi militer ini vital bagi keamanannya dan pengaruh geopolitik regional. Namun pemikiran ini juga membuat Ankara menanggung konsekuensi. Dalam dua pekan, 90 roket yang ditembakkan YPG ke selatan Turki menewaskan dan melukai lebih dari 120 orang. Hingga kini, 41 serdadu Turki tewas dan 200 lainnya terluka.

Sejak dimulainya operasi militer di Afrin, para simpatisan PYD/PKK menyerang sejumlah masjid di berbagai kota di Jerman.

Jumat pekan lalu, sebuah situs milik PYD/PKK mengaku bertanggung jawab atas serangan ke sebuah masjid Turki di Lauffen am Neckar. Situs tersebut juga mempublikasikan video serangan itu.

Kelompok PKK telah dilarang Jerman sejak 1993, namun mereka masih terus beraktivitas. Sekira 14 ribu simpatisan kelompok ini tersebar di tengah warga imigran di Jerman.

Turki sudah lama mengkritik Jerman, karena dianggap tidak bertindak tegas terhadap kelompok tersebut. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*