suriah-rusiaDamaskus, LiputanIslam.com – Lebih dari satu juta pengungsi Suriah akhirnya bisa ‘pulang kampung’ sejak Rusia melakukan operasi militer. Hal ini disampaikan oleh Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Alexei Meshkov.

“Sejak operasi militer Rusia, menurut PBB, lebih dari satu juta orang pengungsi akhirnya bisa kembali ke Suriah,” ujarnya, seperti dilansir Sputnik News, 11 November 2015.

Sejak 30 September 2015, Rusia melancarkan serangan udara di Suriah atas permintaan Presiden Bashar al-Assad, menargetkan posisi/ lokasi teroris dan melakukan koordinasi dengan Tentara Suriah.

Hingga kini, setidaknya Angkatan Udara Rusia telah menembakkan 1.800 sorti, menghancurkan lebih dari 2.000 lokasi terosis. Ratusan teroris tewas dan puluhan depot amunisi berhasil dihancurkan.

Seperti diketahui, para pengungsi Suriah mendukung serangan militer di Suriah, dan dianggap membuka peluang besar kembalinya kedamaian di Suriah.

“Saya berharap pilot Rusia membantu kami, semoga militer Suriah mengalahkan teroris sehingga kami (pengungsi) bisa pulang kembali ke rumah kami,” ujar salah satu pengungsi kepada AFP.

Sebelumnya, Grand Mufti Suriah Syeikh Ahmad Badreddin Hassoun juga membenarkan bahwa pengungsi Suriah telah kembali sejak operasi militer Rusia yang membantu mempercepat kontrol daerah yang sebelumnya dikuasai ISIS. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL