Suriah,LiputanIslam.com—Pimpinan ISIL, Abu Bakr al-Baghdadi, memanggil para pendukungnya untuk membantu melawan gempuran Tentara Demokratik Suriah (SDF) di Raqqa.

Sumber-sumber lokal di Raqqa mengatakan bahwa al-Baghdadi juga telah memerintahkan rekan-rekannya untuk memperketat keamanan dan mencegah puluhan warga sipil melarikan diri dari kota tersebut.

Mereka menambahkan bahwa ISIL telah mencuri 20 kapal yang digunakan untuk memindahkan penduduk sepil ke sungai Eufrat Utara dan Selatan.

Selain itu, ISIL juga telah menghentikan operasi pemindahan 10 keluarga sipil dari kota Raqqa ke wilayah yang dikuasai tentara Suriah.

Sumber tersebut juga mengatakan bahwa pasukan ISIL di Raqqa sedang berada dalam posisi siaga.

Laporan lain dari Deir Ezzur dan Raqqa juga menyatakan bahwa, dalam beberapa hari ini, ISIL telah membacakan permintaan al-Baghdadi untuk meminta bantuan di masjid yang berada di dua kota tersebut. Ia menyeru umat Islam di daerah yang dikuasai ISIL untuk memobilisasi serangan SDF di Raqqa.

Laporan terkini dari Raqqa mengatakan bahwa SDF melanjutkan serangan mereka melawan ISIL dan terus menekan kelompok militan ISIL kembali dari rumah sakit Watani di bagian barat kota Tabaqa, Timur Laut Suriah.

Kantor berita Firat melaporkan pada Senin (8/05), bahwa SDF menyerbu wilayah ISIL di berbagai wilayah di kota Tabaqqa dan berhasil menewaskan 19 militan.

Kantor berita tersebut juga menyatakan bahwa empat sniper kelompok militan ISIL tewas karena pertempuran di kota al-Tabaqa. Sementara itu, dua tentara SDF mengalami luka-luka.

Sumber terpercaya lainnya mengatakan bahwa SDF kembali melanjutkan operasi mereka yang bernama ‘Euphrates Rage’ untuk menyerbu camp ISIL di Provinsi Raqqa dan berhasil mencapai desa Sahel al-Khashab. Karena peristiwa ini, ISIL kehilangan 76 anggotanya.

Sementara itu, pertempuran sengit sedang berlangsung antara SDF dan ISIL di lingkungan trinat 1, 2 dan 3 di Kota al-Tabaqa. (fd/Fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL